Mencoba Kerennya MRT Jakarta

JSC | 30 days ago

Smartcitizen sudah kenalan dengan Moda Raya Terpadu Jakarta atau MRT Jakarta? Moda transportasi baru dan pertama di Indonesia ini sekarang sudah ada di Jakarta. Saat ini, sejak tanggal 12 Maret 2019 kemarin, MRT Jakarta lagi masa uji coba. Kalau kamu penasaran dengan kereta canggih yang punya jalur bawah tanah (underground) dan layang (elevated) ini, daftar aja untuk ikutan menjajal MRT Jakarta melalui situs resmi mereka. Sebelum jalan-jalan, intip betapa kerennya MRT Jakarta dulu nih.

Transportasi Mutakhir Pertama di Indonesia

Kereta MRT Jakarta ini namanya Ratangga, artinya kereta perang dalam Bahasa Jawa Kuno. Menurut infografis MRT Jakarta, Ratangga bermakna kereta perang bagi warga Jakarta yang sedang sedang dalam perjalanan ikhtiar untuk hidupnya. Ratangga dibuat oleh perusahaan Jepang, Nippon Sharyo, dengan kapasitas sekitar 1200-1950 penumpang per rangkaian kereta (6 kereta). Kalau dilihat-lihat, Ratangga ini modern banget dan terkesan minimalis dengan dominasi warna biru dan abu-abu metalik. Di dalam, kereta terasa adem dan punya dua tipe tali pegangan: untuk penumpang reguler (warna abu-abu) dan untuk penumpang prioritas (warna kuning) dengan tali yang lebih panjang. Kereta MRT Jakarta juga punya dua CCTV di setiap kereta untuk keamanan bersama.

Teknologi yang ada di dalam kereta MRT pertama di Indonesia ini juga nggak main-main. Tiap kereta punya Passenger Information Display (PID) atau layar informasi dan panduan untuk para penumpang yang mau turun. Selain itu, Ratangga punya interkom darurat yang langsung tersambung dengan masinis dan Operation Control Center (OCC). Teknologi semutakhir ini semata-mata biar kamu, penumpang MRT Jakarta, merasa lebih aman dan nyaman untuk naik transportasi publik.

Ratangga yang Ramah Untuk Semua

Pernah dengar istilah golongan rentan? Golongan ini sama dengan penumpang prioritas yaitu manula, anak-anak, perempuan hamil, orang yang cedera, dan difabel. Smartcitizen yang termasuk dalam golongan ini juga amat membutuhkan transportasi publik yang ramah. Makanya MRT Jakarta dibangun dengan semangat menyediakan transportasi publik untuk semua termasuk golongan rentan. Kalau kamu sudah mencoba MRT Jakarta, pasti sudah lihat fasilitas yang didesain khusus untuk penumpang dengan kebutuhan khusus seperti lift, blok taktil (lantai kuning untuk teman netra), mesin tiket yang menyesuaikan tinggi kursi roda, toilet khusus difabel, ruang menyusui, hingga gerbong khusus (gerbong 3 dan 4).

Di dalam Ratangga pun tersedia 12-16 kursi prioritas di tiap gerbong yang artinya penumpang prioritas punya area duduk yang lebih luas. Pintu kereta juga didesain lebar (90 cm) agar dapat dilewati kursi roda dan kereta bayi. Nantinya, MRT Jakarta juga bakal terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti KRL Commuter Line dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta. Kemudahan akses dan fasilitas yang ramah diharapkan bisa memudahkanmu dengan kebutuhan khusus untuk menggunakan transportasi umum. Biar semua lapisan masyarakat bisa menikmati modern dan kerennya Jakarta masa kini.

MRT Jakarta akan diresmikan hari Minggu (24/03) ini oleh Presiden Jokowi. Tapi kalau belum kebagian tiket uji coba, tenang aja, MRT Jakarta tetap gratis untuk publik hingga 31 Maret 2019. Pendaftaran dan tiket bisa diakses di sini. Mumpung masih bisa, yuk, kita coba!

Artikel lainnya

Pengelolaan e-Waste Melalui Pengumpulan dan Penjemputan Sampah Elektronik

Limbah elektronik (e-Waste) adalah sampah atau limbah yang berasal dari peralatan elektronik. Contohnya adalah telepon genggam, komputer, televisi, mesin cuci, dan sebagainya. Tahukah kamu? Limbah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City