Pengalihan Lalu Lintas terkait Pengerjaan Penguatan Terowongan Pengendali Banjir

JSC | 7 months ago

Pemprov DKI Jakarta tengah melakukan pengerjaan perkuatan terowongan pengendali banjir atau sudetan untuk menghadapi musim hujan dan mengantisipasi genangan yang dapat mendatangkan banjir. Pengerjaan berlokasi di Jl. Otista 3 Kota Administrasi Jakarta Timur selama kurang lebih tiga bulan mulai dari 3 Desember 2018 sampai dengan 3 Februari 2019.

Terowongan pengendali banjir atau sudetan memiliki fungsi untuk mengalihkan aliran air ke saluran buatan sehingga debit air akan lebih terkendali walaupun di saat musim hujan. Sudetan yang berlokasi di Jl. Otista 3 tersebut berfungsi untuk pengalihan aliran air sungai Ciliwung.

Terkait dengan pengerjaan perkuatan terowongan tersebut, dilakukan pengalihan arus lalu lintas berdasarkan press release dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Adapun rekayasa lalu lintas sesuai dengan pentahapan pekerjaan adalah sebagai berikut:

         -Lalu lintas dari arah Timur (Jl. Dl. Panjaitan) yang akan menuju Barat (Jl. Otto Iskandardinata) dialihkan melalui Jl. Otista 3 – Jl. Kebon Nanas Selatan 1 – Jl. Kebon Nanas Selatan 2 – Jl. Otista 3 – dst.

         -Lalu lintas dari arah Barat (Jl. Otto Iskandardinata) yang akan menuju Timur (Jl. DI. Panjaitan) dialihkan melalui Jl. Otista 3 – Jl. Kebon Nanas Utara 1 – Jl. Yahya – Jl. Otista 3 – dst.

Di lokasi pelaksanaan pembangunan, PT. Kelapa Setangkai Makmur Sejahtera sebagai pelaksana proyek pengerjaan perkuatan tersebut juga bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan pengguna jalan, baik yang menggunakan kendaraan (motorized) maupun pejalan kaki (unmotorized).

Smartcitizens diharapkan untuk menaati rekayasa lalu lintas saat melalui kawasan tersebut guna menjaga smart mobility di ibukota. Selain itu patuhi juga rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta tetap mengutamakan keselamatan. Dengan pengerjaan penguatan terowongan pengendali banjir di Jl. Otista 3, diharapkan pula agar dampak genangan dan potensi banjir dapat berkurang serta mendukung Jakarta menjadi kota dengan Smart Environment.

Artikel lainnya

Langkah Cerdas Jakarta Berhasil Menekan Laju Inflasi

Mewujudkan smart economy sebagai salah satu indikator dari smart city, salah satunya adalah dengan mengupayakan perekonomian yang stabil dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Baru-baru ini, DKI ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City