Menjawab Aduan Masyarakat dengan Citizen Relation Management

JSC | 8 months ago

Warga Jakarta kini dapat terus melaporkan berbagai permasalahan di lingkungannya seperti sampah, potensi banjir, fasilitas umum rusak, parkir liar, dan sebagainya melalui kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta. Terdapat delapan kanal yang dapat digunakan, yaitu:

Pemprov DKI Jakarta terus berupaya memberikan pelayanan optimal untuk memastikan bahwa setiap aduan ditangani dengan cepat dan tepat, salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasi mobile dan website yang khusus digunakan aparat Pemprov DKI Jakarta yang bernama Citizen Relation Management (CRM). Dasar Hukum penggunaan aplikasi CRM adalah Peraturan Gubernur nomor 128 tahun 2017 tentang Aplikasi CRM.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Unit Pengelola Jakarta Smart City (UP JSC) memiliki fungsi untuk menampung dan mempermudah tindak lanjut laporan warga yang masuk melalui delapan kanal resmi Pemprov DKI Jakarta. Aparat Pemprov DKI akan lebih mudah memantau laporan, berkoordinasi antar pihak, dan memberikan bukti setelah laporan ditindaklanjuti melalui aplikasi ini.

Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di seluruh satuan kerja  Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan aparat Pemprov DKI dapat menguasai penggunaan CRM. Mekanisme reward and punishment juga diterapkan dalam sistem CRM ini, setiap aduan yang lambat atau tidak ditangani akan berdampak pada Tunjangan Kerja yang diterima oleh penanggung jawab aduan tersebut.

UP Jakarta Smart City juga telah mengembangkan situs yang dapat digunakan pelapor untuk memantau sejauh mana penanganan laporan telah dilakukan, yaitu pada www.pengaduanwarga.jakarta.go.id. Ayo jangan ragu untuk melaporkan permasalahan di Jakarta, laporanmu akan berkontribusi membuat Jakarta lebih baik!

Artikel lainnya

Mengolah Limbah Rumah Tangga melalui Bank Sampah

Populasi warga Jakarta yang besar menyebabkan Jakarta menjadi salah satu kota penghasil sampah terbesar di Indonesia. Sampah yang cenderung bertambah dari tahun ke tahun ini menuntut kita ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City