Revitalisasi Transjakarta dengan Bus Scania

JSC | 2 years ago

Kebutuhan akan moda transportasi di Jakarta semakin meningkat. Tentunya, moda transportasi umum yang sudah ada butuh peremajaan atau revitalisasi. Hal inilah yang saat ini dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan kualitas dan menyediakan moda transportasi umum yang layak bagi warga Jakarta.

Salah satu langkah yang ditempuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah dengan menerima penawaran CEO Scania, Henrik Henriksson yang membawa satu unit Bus Scania yang ingin mereka tawarkan. Di kesempatan itu juga, Henrik sempat menawarkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama mencoba armada bus baru tersebut.

Didampingi direktur utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan CEO Scania, Henrik Henriksson mencoba armada bus terbaru itu melewati Jalan Medan Merdeka Selatan, Kebon Sirih, Medan Merdeka Timur, dan kembali lagi ke Balai Kota.

Setelah mencoba bus tersebut, Basuki berpendapat bahwa bus tersebut sudah ideal digunakan sebagai bus TransJakarta, karena formasi seluruh bangku sudah menghadap ke depan sesuai dengan dengan instruksi beliau dengan tujuan agar penumpang merasa lebih nyaman.

Bus Scania terbaru memiliki kapasitas 64 orang, yang terbagi atas 35 penumpang duduk dan 29 penumpang berdiri. Sampai saat ini total bus Scania yang digunakan untuk layanan Transjakarta, sudah berjumlah 31 unit. Bus tersebut nantinya akan menjadi bagian dari peremajaan bus-bus Transjakarta yang sudah ada.

“Kita udah kandangin 150 lebih bus Transjakarta. Pokoknya begitu enggak lolos uji KIR, pasti langsung kita habisi” tambah Basuki.

Selain itu, Bus Scania ini nantinya akan dilengkapi dengan CCTV dan GPS. Masyarakat dapat mengetahui rute bus dan keberadaan bus tersebut di Jakarta Smart City Portal sehingga makin memberikan rasa aman dan nyaman. (jsc-sy/shg)

Artikel lainnya

Mengajukan Izin Penelitian Jadi Lebih Mudah dengan Tanda Tangan Elektronik

Suatu kota pintar perlu terus berkembang. Baik untuk penerapan teknologi sehingga makin memudahkan warganya, juga perkembangan dalam hal lain seperti penyediaan fasilitas publik dan penanganan masalah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City