Kenali 3 Rute Baru Transjakarta Berikut Ini!

JSC | 1 month ago

Jalanan di Jakarta semakin padat. Tingginya jumlah kendaraan pribadi, ditambah dengan kendaraan yang masuk dari wilayah Bodetabek, menyebabkan seringnya terjadinya kemacetan di ibukota. Pemprov DKI Jakarta telah berupaya untuk melakukan pengalihan lalu lintas dengan memberlakukan kebijakan ganjil genap. Namun, upaya utama untuk mengurangi kemacetan ada di tangan warga Jakarta.

Kini telah tersedia berbagai alternatif bagi Smartcitizens untuk menggunakan transportasi umum alih-alih menggunakan mobil pribadi. Di antaranya adalah bus Transjakarta, Commuter Line, angkot, mikrolet, serta MRT dan LRT yang akan beroperasi di waktu mendatang.

Untuk lebih menunjang ketersediaan akses transportasi, Transjakarta telah menambahkan tiga rute baru. Rute-rute tersebut adalah Blok M – Remposa (S23), Tanah Abang – Batusari (8K), dan Terminal Senen – Bundaran Senayan (1P). Rute-rute tersebut juga terintegrasi dengan rute Transjakarta lainnya.

Rute Blok M – Remposa terintegrasi dengan:

-Koridor 1 (Blok M – Kota)

-Stasiun Manggarai – Blok M (6M)

-Ragunan – Blok M (6N)

-Kampung Rambutan – Blok M (7B)

-Blok M – Joglo (8D)

-Blok M – Bintaro (8E)

-Blok M – Cipedak (9H)

-Blok M – Ciledug (13A)

-Blok M – Bekasi Barat (B13)

-Petukangan – Lebak Bulus (OK23)

 

Rute Tanah Abang – Batusari terintegrasi dengan:

-Kalideres – Pasar Baru (Koridor 3)

-Lebak Bulus – Harmoni (Koridor 8)

-Pinang Ranti – Pluit (Koridor 9)

-Pasar Minggu – Tanah Abang (9D)

-Serpong – Grogol (S11)

-Tanah Abang Eksplorer (GR2)

-Citraland – Meruya (OK30)

 

Sedangkan Terminal Senen – Bundaran Senayan (1P) terintegrasi dengan:

-Blok M – Kota (Koridor 1)

-Pasar Minggu – Tanah Abang (9D)

-Kampung Melayu – Grogol

 

Rute Blok M – Remposa dan Tanah Abang – Batusari menggunakan bus jenis minitrans, sementara rute Terminal Senen – Bundaran Senayan dilayani oleh bus Metrotrans. Daud Joseph, Direktur Operasional Transjakarta, mengungkapkan bahwa ketiga rute tersebut beroperasi pada pukul 5 pagi hingga 10 malam, seperti dikutip dari beritajakarta.id. “Pembukaan ketiga rute baru ini untuk memudahkan masyarakat menggunakan moda transportasi yang aman, nyaman, dan terjangkau,” ujarnya.

Dengan rute-rute baru tersebut, kini terdapat total 98 rute Transjakarta yang beroperasi di 13 koridor, ditambah dengan rute Royaltrans sebanyak 4 rute, Bus Wisata #JakartaExplorer sebanyak 7 rute, Bus Gratis Transjakarta 2 rute, OKOTRIP 15 rute, serta satu rute khusus PRJ.

Dengan menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta, kamu sudah berkontribusi untuk menciptakan Smart Mobility di ibukota. Bukan hanya mengurangi kemacetan, naik angkutan umum juga menciptakan gaya hidup sehat dan hemat!

Artikel lainnya

Pengelolaan Sampah di Dalam Kota dengan Intermediate Treatment Facilities

Bagi daerah perkotaan yang padat penduduk seperti Jakarta, sampah merupakan masalah yang sangat mengganggu lingkungan dan kenyamanan hidup terutama jika tidak ditangani dengan baik. Konsep smart city ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City