Siaga Musim Hujan dengan Aplikasi Pantau Banjir

JSC | 2 months ago

Musim hujan tahun 2018-awal 2019 sudah tiba. Menurut data dari Dinas Sumber Daya Air, terdapat total 30 lokasi yang rawan banjir dan genangan di lima wilayah DKI Jakarta. Hal tersebut perlu diwaspadai karena dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Salah satu aplikasi yang perlu diunduh Smartcitizens ibukota menjadi starter pack dalam menghadapi musim hujan adalah aplikasi Pantau Banjir. Aplikasi yang tersedia di Google Play ini dikembangkan langsung oleh tim Jakarta Smart City.

Apa saja keunggulan dari aplikasi Pantau Banjir? Berikut fitur-fitur andalannya. (Versi 3.2.1)

 

1. Peta Banjir

Kamu dapat mengetahui lokasi-lokasi banjir di Jakarta secara real-time dengan aplikasi ini. Menu Peta Banjir ada di dashboard yang terletak di sebelah kiri layar. Fitur tersebut akan menunjukkan lokasi banjir berdasarkan ketinggian air yang ditampilkan dalam peta Jakarta. Untuk warna merah, ketinggian air di atas 150 cm, warna jingga ketinggian 71-150 cm, warna kuning ketinggian 10-70 cm, sedangkan warna biru ketinggian tidak diketahui. Terdapat dua sumber informasi fitur peta banjir ini, yakni dari Citizen Relation Management (CRM) serta Peta Bencana.

Fitur Pompa Air (Kiri) dan Peta Banjir (Kanan)

2. Pompa Air

Aplikasi Pantau Banjir juga memungkinkan kita untuk mengetahui informasi seputar pompa air di ibukota. Fitur tersebut menampilkan total pompa (warna biru), pompa yang sedang beroperasi secara real-time (warna hijau), dan sisanya pompa yang sedang tidak beroperasi (warna merah). Menu Pompa Air juga menampilkan detail pompa air di setiap daerah berikut rincian waktu saat pompa-pompa tersebut dioperasikan.

 

3. Pos Pengamatan

Fitur selanjutnya adalah Pos Pengamatan. Di menu ini kamu dapat mengetahui ketinggian aliran air di pos-pos pemantauan. Informasi yang ditampilkan adalah nama dan waktu pengamatan pos, arah aliran air, ketinggian air, serta kondisi siaga (siaga 1-4). Kamu juga dapat mengetahui perbandingan ketinggian air dari waktu ke waktu melalui grafik beserta detailnya dengan cara klik pos pengamatan yang akan kamu amati.

Fitur Pos Pengamatan

4. Pintu Air

Kondisi pintu air juga dapat dimonitor melalui aplikasi ini. Sama halnya dengan fitur Pos Pengamatan, informasi yang bisa didapat adalah arah aliran air, ketinggian air di pintu air secara real-time, kondisi siaga, serta detail setiap pintu air dalam bentuk grafik.

Fitur Pintu Air

Selain fitur-fitur di atas, terdapat juga fitur lain seperti Report, yang berisi laporan terkini seputar banjir, menu Tentang, serta fitur log in khusus User dari Dinas Sosial.

Dengan aplikasi Pantau Banjir, kamu dapat mengindari titik-titik dengan genangan air tinggi sehingga mobilitas akan lebih lancar, serta lebih meningkatkan kewaspadaan lingkungan di musim hujan ini. Mari lebih peka akan Jakarta dengan aplikasi Pantau Banjir.

Artikel lainnya

Jelajahi Kota Jakarta Hingga Malam Hari

Mulai Sabtu (21/5), warga Jakarta dan para wisatawan bisa naik Bus Wisata "City Tour" Jakarta dari pagi hingga malam hari karena Transjakarta telah resmi meluncurkan bus wisata malam. ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City