Tindak Lanjut Aduan Seputar Transportasi di Jakarta Selatan

JSC | 21 days ago

Pempov DKI Jakarta menyediakan 8 Kanal Pengaduan Resmi yang dapat dimanfaatkan oleh Smartcitizens untuk melapor berbagai permasalahan di Jakarta. Kanal-kanal pengaduan tersebut di antaranya adalah Qlue, Twitter, Facebook, e-mail, SMS, website Balai Warga, LAPOR 1708, serta aduan masyarakat di Kecamatan. Salah satu kategori aduan yang cukup sering dilaporkan adalah terkait transportasi.

Aduan-aduan tersebut direspon dengan tanggap oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta selaku pihak yang bertanggung jawab untuk menindaklanjuti laporan yang diadukan masyarakat. Hal tersebut terbukti dari angka tindak lanjut yang tinggi dari dinas tersebut.

Misalnya di Jakarta Selatan di mana terdapat 4.170 aduan masyarakat terkait transportasi yang telah diselesaikan hingga 23 Oktober 2018, seperti dilansir dari beritajakarta.id. Jenis-jenis aduan yang dilaporkan termasuk pelanggaran lalu lintas, kemacetan, sarana prasarana lalu lintas, dan parkir liar.

Kecamatan di Jakarta Selatan dengan jumlah aduan terbanyak berturut-turut adalah Pasar Minggu sebanyak 826 aduan, Pancoran 573 aduan, Setiabudi 444 aduan, Kebayoran Lama 264 aduan, serta Jagakarsa dan Kebayoran Baru masing-masing 221 aduan.

Petugas dari dinas-dinas di Pemprov DKI Jakarta melakukan respon aduan masyarakat secara terintegrasi melalui aplikasi CRM (Citizen Relation Management). Aplikasi yang hanya dapat diakses oleh petugas tersebut memudahkan mereka untuk melakukan koordinasi, update seputar aduan yang sedang ditindaklanjuti, dan mengirimkan bukti foto apabila aduan telah selesai ditindaklanjuti. Jika aduan tidak ditindaklanjuti, maka akan mempengaruhi penilaian kinerja dari petugas terkait.

Kamu dapat memantau aduan-aduan yang ada di Jakarta melalui portal smartcity.jakarta.go.id/maps. Di website tersebut ditampilkan aduan yang sudah ditangani (warna hijau), aduan yang sedang ditangani (warna kuning), serta aduan yang masih menunggu tindak lanjut (warna merah).

Terus laporkan permasalahan-permasalahan yang ada di ibukota melalui Kanal Pengaduan Resmi untuk mendukung Jakarta menjadi smart city yang lebih baik!

Artikel lainnya

Teknologi yang Paling Mendefinisikan Smart City (Bagian I)

Meskipun dianggap canggih dan populer, teknologi virtual reality (VR) atau kendaraan otonom yang menggunakan kemudi otomatis ternyata bukan kunci keberhasilan sebuah kota pintar. Frase smart city yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City