Serunya Edukasi Robotik di Sekolah

JSC | 22 days ago

Belajar robotik identik dengan sesuatu yang rumit dan sulit, padahal sebenarnya hal tersebut bisa dibuat menyenangkan bahkan untuk anak-anak sekalipun. Pemprov DKI Jakarta mendukung perkembangan robotik di ibukota dengan melakukan kerjasama tentang edukasi teknologi robotik bersama Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia (YPRI). Penandatangan kerjasama yang dihadiri sendiri Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta berlangsung di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Gambir (11/10) seperti dilansir dari beritajakarta.id.

Konsep kerjasama tersebut adalah Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic (STEAM). Beberapa penerapannya, yakni penambahan ekstrakulikuler robotik di tingkat SD, SMP, SMA dan studi wisata ke tempat edukasi teknologi.

Ruang lingkup kerjasama mencakup:

1. Kompetisi Tahunan Piala Gubernur untuk Olimpiade Robotika Provinsi DKI Jakarta

2. Sinkronisasi Kurikulum Edukasi Teknologi Robotik

3. Pelatihan Robot Solution dan Digital bagi Guru dan Peserta Didik

4. Kegiatan Ekstrakulikuler tentang Edukasi Teknologi Robotik di Tingkat SD, SMP, maupun SMA

5. Studi Lapangan Siswa-siswi SD, SMP, maupun SMA ke Rumah Robot

Anies Baswedan dalam acara penandatanganan kerjasama dengan YPRI (11/10). Foto: beritajakarta.

 

Apa Saja Manfaat Belajar Robotik Sejak Dini?

Ternyata belajar robotik sejak dini memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah pengenalan teknologi dengan cara yang seru dan menyenangkan, karena umumnya robot memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Karena edukasi robotik ini bersifat ekstrakulikuler, tidak semua siswa diharuskan ikut melainkan hanya siswa-siswa yang tertarik karena kemauan mereka sendiri.

Belajar robotik juga meningkatkan nilai kerja sama, karena project robot di sekolah pada umumnya dalam bentuk tim. Selain itu, kemampuan kognitif, problem solving, dan kreativitas pun dapat terasah.

Perkenalan edukasi robot sejak dini dapat melahirkan bibit-bibit unggul dalam bidang robotika. Bukan tidak mungkin anak-anak tersebut nantinya akan menemukan inovasi teknologi yang dapat mengharumkan nama DKI Jakarta bahkan Indonesia.

Artikel lainnya

DKI Jakarta Terpilih Menjadi Pemenang We Love Cities 2018

Kota telah menjadi bagian penting dari peradaban manusia. Lebih dari setengah populasi manusia kini tinggal di perkotaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkotaan memang memiliki beragam masalah, salah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City