Menengok Sarinah Kini

JSC | 25 days ago

Siapa yang tak kenal dengan kawasan pusat perbelanjaan di Jakarta yang satu ini. Tempat yang memiliki gedung pencakar langit pertama di ibukota tersebut memiliki nilai sejarah tinggi. Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia dan masih bertahan hingga hari ini. Kini, kawasan Sarinah memiliki berbagai macam fasilitas yang menunjang indikator-indikator smart city. Apa saja fasilitas tersebut?

Foto: Instagram @aniesbaswedan

Yellow Box Junction

Jika Smartcitizen melewati persimpangan Sarinah, pasti akan menemukan marka jalan persegi yang berwarna kuning. Marka tersebut dinamakan Yellow Box Junction. Dilansir dari website TMC Polda Metro Jaya, Yellow Box Junction berfungsi untuk menghindari kemacetan ketika jalur sedang padat. Jika lampu lalu lintas sudah berubah hijau, namun masih ada kendaraan dari arah samping di dalam Yellow Box Junction yang masih melintas, maka kendaraan di jalur lampu hijau tersebut dilarang untuk melintasi Yellow Box Junction sampai kendaraan dari arah samping selesai melintas. Fasilitas ini pertama kali diaplikasikan di Sarinah pada 2010, dan diperbaharui kembali pada Agustus 2018 lalu.

 

Zebra Cross

Zebra Cross di persimpangan Sarinah kini lebih tertata daripada sebelumya. Zebra Cross tersebut mengelilingi Yellow Box Junction, dan di setiap sudut persimpangan juga terdapat Zebra Cross berbentuk landai yang akan lebih memudahkan pejalan kaki dalam menyeberang.

Foto: Instagram @aniesbaswedan

Trotoar Lebih Lebar

Kabar baik bagi para pejalan kaki karena trotoar di kawasan Sarinah sudah ramah untuk dilalui. Trotoar di tempat tersebut sudah diperlebar dan lebih ditata rapi. Harapannya lebih banyak pejalan kaki yang menggunakan trotoar dan transportasi umum alih-alih kendaraan pribadi untuk mengurangi volume kendaraan di Jakarta.

 

Fasilitas Ramah Disabilitas

Trotoar juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang ramah disabilitas seperti Guiding Block (garis kuning untuk memandu tuna netra) dan portal S. Jadi para penyandang disabilitas dapat melalui area tersebut dengan aman dan nyaman.

 

Akses Transportasi

Persimpangan Sarinah turut dilalui oleh sarana transportasi yang memadai. Salah satunya adalah bus Transjakarta yang haltenya berlokasi tidak jauh dari persimpangan tersebut. Rute yang dilayani oleh Halte Sarinah adalah koridor 1, 6-1, 2-1,serta 3-1. Jika kamu ingin pergi ke Sarinah, kamu dapat menggunakan Transjakarta, mikrolet, atau KRL Commuter Line dan berhenti di Stasiun Gondangdia.

Artikel lainnya

Pojok Rakyat: Sebagai Program Pengembangan UMKM dan Pemasok di Carrefour

Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan UKM di Indonesia, Transmart Carrefour menghadirkan Pojok Rakyat. Corporate Communications dan General Manager Transmart Carrefour Satria Hamid ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City