Cara Mudah Lapor Masalah Pakai Qlue

JSC | 9 months ago

Sebagai ibu kota, Jakarta masih punya banyak tantangan untuk dihadapi. Mulai dari masalah sampah, parkir liar, fasilitas umum yang rusak, dan lain-lain. Terbayang repotnya petugas pemerintah kalau harus menyisir semua daerah ibukota karena Jakarta itu amatlah luas. Lagipula, di zaman yang sudah memasuki era City 4.0 ini, pemerintah tidak hanya berfungsi sebagai fasilitator apalagi penyedia layanan, namun sebagai kolaborator dengan masyarakatnya yang berperan sebagai co-creator. Oleh karena itu andil Smartcitizen untuk membangun Jakarta sangat dibutuhkan.

Dengan perkembangan teknologi dan informasi, kamu ternyata bisa ikutan berkontribusi untuk menyelesaikan masalah-masalah di Jakarta. Salah satunya adalah dengan melakukan aduan permasalahan lewat Qlue. Bagi yang belum tahu, Qlue adalah aplikasi yang merupakan satu dari delapan kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta. Qlue ini juga merupakan mitra dari Jakarta Smart City.

Apa saja permasalahan yang bisa diadukan lewat Qlue? Cukup beragam mulai dari sampah berserakan, fasilitas umum rusak, kaki lima liar, parkir liar, laporan tindak kriminal, hingga potensi teroris bisa dilaporkan. Aduan-aduan yang kamu kirim akan segera ditangani oleh petugas dinas pemerintahan terkait. Tidak percaya? Silakan cek smartcity.jakarta.go.id/maps dan klik bagian “Laporan Masyarakat Melalui Qlue” di bagian sebelah kanan layar (jika menggunakan laptop). Setiap aduan yang masuk akan ditampilkan berdasarkan kategori permasalahannya dan wilayah GPS laporan. Untuk laporan yang berwarna hijau artinya laporan tersebut sudah selesai ditangani. Warna kuning menandakan kalau laporan tersebut masih diproses petugas. Sementara warna merah berarti masih menunggu untuk ditindaklanjuti.

Melapor menggunakan aplikasi Qlue ternyata sangat mudah, Smartcitizen. Pertama tentu saja kamu harus mendownload aplikasi Qlue yang tersedia di Playstore dan Appstore. Setelah itu, jika belum memiliki akun, daftar dengan menggunakan satu dari beberapa pilihan seperti e-mail, Facebook, Twitter, dan akun Google. Namun sebaiknya disarankan menggunakan akun Google ya. Setelah memilih akunmu isi data dalam form yang tersedia.

Kemudian kamu akan masuk ke tampilan utama Qlue. Untuk langsung membuat laporan, tekan tombol upload yang terletak di bawah layar, lalu pilih ‘Laporan Ke Pemerintah.’ Kamu akan diminta untuk mengambil foto atau video sebagai bukti dari masalah yang dilaporkan melalui smartphone-mu. Bisa juga memilih foto/video yang tersedia di galeri. Kalau sudah, klik tombol checklist. Setelah itu, pilih kategori dari laporan yang kamu adukan. Langkah terakhir adalah mengisi form berupa judul laporan beserta deskripsi penjelasan laporan, lalu klik tombol send. Mudah, bukan?

Kamu dapat memantau laporan yang dikirim melalui aplikasi tersebut, apakah belum ditindaklanjuti, sedang diproses, atau sudah selesai dikerjakan. Jika sudah, petugas akan mengirimkan foto sebagai bukti kalau aduanmu sudah benar-benar ditangani.

Jadi, jangan ragu lagi untuk melaporkan permasalahan di Jakarta melalui Qlue atau kanal pengaduan lainnya. Untuk kamu yang belum menggunakan Qlue, mungkin sudah saatnya kamu mencoba aplikasi tersebut sekarang. Mari jadi smart people untuk bersama bangun Jakarta.

Artikel lainnya

Siswa Pemegang KJP bisa Melanjutkan Kuliah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa kelas XII pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri. Dikutip dari ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City