Manfaatkan Sosmed Kamu untuk Melapor Permasalahan di Jakarta!

JSC | 1 year ago

Orang Indonesia memang ahlinya kalau berkaitan dengan dunia maya. Bagaimana tidak, pengguna internet di Indonesia saja mencapai 63 juta orang, seperti dilansir dari web resmi Menkominfo. Dari jutaan orang itu, hampir seluruhnya atau 95% menggunakan internet untuk media sosial. Indonesia berada di peringkat 4 pengguna Facebook dan peringkat 5 pengguna Twitter terbanyak di dunia. Pantas saja setiap hari selalu ada saja posting-an di layar handphone kita, belum lagi kalau ada topik-topik yang viral.

Tapi, tahukah kamu? Media sosial, selain digunakan untuk update dan berinteraksi, juga bisa menjadi sarana untuk hal-hal yang bermanfaat. Salah satunya untuk melaporkan berbagai permasalahan di ibukota ke Pemprov DKI Jakarta. Sehingga permasalahan tersebut akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait.

Berbagai macam masalah bisa diadukan, mulai dari sampah yang berserakan di jalan, parkir liar yang menghalangi trotoar, fasilitas umum rusak, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa melapor kecurigaan ancaman kejahatan dan terorisme ke kanal pengaduan.

Pemprov DKI Jakarta sebenarnya memiliki delapan kanal pengaduan resmi yang bisa dimanfaatkan smartcitizens:

Dari delapan kanal pengaduan resmi tersebut, dua di antaranya adalah melalui media sosial Facebook dan Twitter. Hal tersebut dikarenakan media sosial merupakan media aspirasi dan kritik dari warga yang efektif.

Cara melaporkan aduan melalui media sosial di genggamanmu tidaklah sulit. Untuk Facebook, kunjungi halaman Facebook resmi Pemprov DKI Jakarta. Lalu klik Send Message (via Messenger) dan tulis permasalahan yang akan kamu adukan. Jangan lupa sertakan foto atau video yang mendukung. Petugas akan membalas pesanmu dan aduanmu akan segera ditindaklanjuti oleh SKPD terkait. Kamu juga bisa melapor melalui fitur comment dalam postingan-postingan akun resmi tersebut.

Untuk Twitter, cukup tweet aduanmu dengan mention akun @DKIJakarta plus foto atau video yang mendukung.

Ternyata cara melakukan aduan melalui media sosial cukup mudah, bukan? Jadi mari tingkatkan kepekaan akan permasalahan di sekitar kita dan laporkan melalui media sosial atau kanal pengaduan resmi Pemprov DKI Jakarta lainnya. Aduanmu akan berkontribusi untuk membuat Jakarta lebih baik.

Artikel lainnya

Beberapa Jenis Rumah Susun di DKI Jakarta dan Peruntukannya

Rumah susun atau rusun menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun adalah bangunan bertingkat yang masing-masing bagian dapat dimiliki dan digunakan secara ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City