Pemasangan Lampu PJU Smart System di Jakarta

JSC | 1 year ago

Di era teknologi seperti saat ini, pemanfaatan fasilitas harus terus diperbaharui sehingga pemanfaatannya akan lebih efisien. Dinas Perindustrian dan Energi (PE) secara bertahap mengganti lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jakarta dengan PJU Smart System yang menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Teknologi PJU Smart System ini juga kerap diberi nama CityTouch.

Dari tahun 2016 hingga bulan September 2018, setidaknya sudah ada 240.886 lampu PJU Smart System yang terpasang di seluruh Jakarta, menggantikan lampu PJU biasa. Rinciannya adalah sebanyak 16.742 terpasang di jalan protokol, 19.430 terpasang di jalan penghubung, dan 204.714 terpasang di jalan lingkungan, MHT, dan gang. (beritajakarta.id)

Tipe atau jenis dari lampu Smart System ini adalah LED SS. Lampu tersebut memiliki beragam keunggulan, di antaranya tahan lama hingga 50 ribu jam, atau setara dengan 12 tahun pemakaian. Daya listrik lampu disesuaikan dengan kondisi jalan. Untuk jalan utama, daya listrik yang digunakan adalah 200 watt untuk setiap lampu. Sementara untuk jalan penghubung daya listriknya 120 watt, jalan lingkungan 90 watt, dan gang 40 watt.

Selain itu terdapat pula communication gateway system. Lampu dapat dinyalakan dan dimatikan secara otomatis dari jarak jauh, sehingga petugas tidak perlu lagi menghidupkan dan mematikan lampu secara manual, namun cukup dengan tombol-tombol kendali oleh petugas di dalam ruangan. Dengan begitu, lampu-lampu di Jakarta pun akan lebih hemat energi karena lampu dinyalakan dan dimatikan dengan lebih tepat waktu.

Ruang kontrol dari lampu-lampu tersebut berlokasi di Jl. Tanah Abang, Gambir untuk wilayah Jakarta Pusat. Lampu dimonitor 24 jam secara real time. Petugas yang berjaga dibagi dalam shift. Ada total enam petugas dengan dua petugas dalam setiap shift.

Selain untuk menyalakan dan mematikan lampu, kondisi lampu juga dapat dipantau oleh petugas. Apabila ada lampu yang rusak, operator akan memberikan informasi tersebut sehingga lampu dapat diperbaiki segera oleh petugas di lapangan.

Internet of Things atau IoT yang diterapkan di Smart System PJU merupakan konsep pemanfaatan benda menggunakan teknologi digital, biasanya secara wireless. Diharapkan ke depannya pemanfaatan konsep IoT secara maksimal dapat diwujudkan, contohnya adalah mobil listrik autonomous, smart house, teknologi robotik, dan banyak lagi.

Artikel lainnya

Pemprov DKI Jakarta Bekerja Sama dengan KPK untuk Memaksimalkan Penerimaan Pajak Daerah

Pajak merupakan sumber pendapatan daerah yang terbesar, termasuk untuk DKI Jakarta. Pajak daerah ditargetkan menyumbang 57,01% dari pendapatan asli daerah, yakni sebesar Rp 34,5 triliun. Oleh sebab ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City