Perkembangan Terkini Program OK OCE

JSC | 1 year ago

Program One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE) mengalami perkembangan ditandai dengan banyaknya peserta yang mendaftar. Program yang bertujuan untuk menciptakan para enterpreneur ibukota mandiri tersebut telah diminati oleh kurang lebih 51,3 ribu orang per 10 September berdasarkan website resmi OK OCE.

Dari banyaknya jumlah peserta tersebut, sekitar 27 ribu orang sudah mendaftar di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP). Sementara itu menurut Kadis KUKMP DKI Jakarta, Irwandi, bidang wirausaha yang paling banyak dinikmati adalah kuliner. (beritajakarta.id)

OK OCE merupakan program yang berbasis sharing economy, yakni gerakan ekonomi kerakyatan yang dapat memberikan manfaat baik bagi para wirausahawan maupun bagi iklim perekonomian Indonesia. Program ini juga berbasis teknologi informasi yang ditandai dengan Program OK OCE Tech.

Target dari program OK OCE adalah menciptakan 200.000 wirausahawan dalam lima tahun, atau dengan kata lain sebanyak 40.000 enterpreneur baru setiap tahunnya. Walaupun jumlah pendaftar sudah memenuhi target, mereka masih harus mendapatkan surat izin usaha untuk dapat menjadi enterpreneur, yang mencakup izin usaha mikro kecil (IUMK) maupun surat keterangan usaha (SKU).

Program ini membina calon wirausahawan dengan berbagai tahapan yang terangkum dalam 7 Langkah Pas (Pasti Sukses). Dimulai dari Pendaftaran (P1) di website okoce.me dan kemudian mendapatkan Kartu Status 7PAS. Pendaftar dapat memilih opsi Ingin Bekerja, Ingin Memulai Usaha, atau Ingin Meningkatkan Usaha. OK OCE akan memberikan berbagai Pelatihan (P2) yang menunjang serta Pendampingan (P3) melalui OK OCE Center di Kecamatan.

Langkah keempat adalah Perizinan (P4) di mana peserta akan difasilitasi untuk mendapatkan izin usaha. Selanjutnya, peserta juga akan dibina agar mendapatkan bekal untuk melakukan Pemasaran (P5) serta Pelaporan Keuangan (P6). Bahkan, peserta difasilitasi untuk mendapatkan modal melalui Skema Permodalan (P7) OK OCE yang mencakup peminjaman di bank, pembiayaan waralaba, dan alternatif pembayaran lainnya. (okoce.me)

Memiliki usaha sendiri di Jakarta kini bukan sekadar mimpi. Program OK OCE dapat membantu smart citizens menjadi wirausahawan dengan berbagai program unggulan. Mari manfaatkan program tersebut untuk menciptakan iklim smart economy di Jakarta.

Artikel lainnya

Mengenang Mohammad Husni Thamrin

Mohammad Husni Thamrin seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tokoh Betawi kelahiran Sawah Besar, Jakarta 16 Februari 1894. Ayahnya Tabri Thamrin, - ayahnya ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City