Lebih Mudah Menggunakan Transportasi Umum dengan Trafi

JSC | 10 months ago

Menggunakan transportasi umum sebagai sarana mobilitas di Jakarta merupakan pilihan yang tepat, karena dapat mengurangi volume kendaraan pribadi di jalan raya, mengurangi polusi, serta menerapkan gaya hidup sehat bagi smart citizens. Walaupun begitu, terkadang masyarakat kesulitan menggunakan transportasi umum karena tidak mengetahui jadwal dan posisi kendaraan. Tidak perlu khawatir lagi, karena Anda dapat menggunakan aplikasi Trafi untuk menggunakan transportasi umum dengan lebih mudah dan efisien.

Trafi merupakan salah satu mitra dari Jakarta Smart City dan Transjakarta. Aplikasi Trafi dapat memberikan informasi transportasi di Jakarta secara real-time sehingga pengguna tidak akan ketinggalan jadwal dan dapat memilih pilihan transportasi umum yang tersedia. Aplikasi tersebut dapat didownload di Playstore maupun Appstore. Berikut fitur Trafi versi 9.5.0.

Fitur Pencarian Rute akan mengarahkan Anda dari lokasi Anda ke tujuan dengan transportasi umum. Trafi akan menyediakan berbagai pilihan yang bisa digunakan seperti Transjakarta, KRL, Bis, Bis Sedang, dan Angkot. Bahkan terdapat pilihan sepeda, berbagi mobil, dan taksi online. Semua pilihan tersebut terhubung sesuai kebutuhan pengguna. Misalnya, untuk mencapai rute yang dituju, pengguna harus menggunakan KRL tertentu dan disambung dengan salah satu rute Transjakarta.

Pilihan-pilihan yang tersedia cukup beragam. Bukan hanya jenis kendaraan umum, namun juga Trafi akan menyediakan pilihan berdasarkan efisiensi, kecepatan, waktu, atau harga. Misalnya, dari Jl. Cempaka Putih Tengah menuju Monas, Trafi akan memberikan pilihan Transjakarta dengan cara menaiki Transjakarta dua kali lalu berjalan ke tujuan. Dengan harga masuk bus Rp. 3500 penumpang bisa menuju Monas sekitar 80 menit. Lalu Trafi juga memberikan pilihan transportasi online yang lebih cepat namun lebih mahal.

Apabila Anda memiliki tujuan yang sering digunakan sehari-hari, Trafi akan menyimpannya sehingga Anda hanya perlu mengakses alamat tersebut dengan sekali tekan. Trafi juga bisa digunakan secara offline dengan jadwal yang tetap akurat.

Selain pemanfaatan aplikasi untuk mempermudah perjalanan, Trafi bekerja sama dengan Jakarta Smart City dengan berbagi data yang digunakan tim Data and Analyst untuk menganalisa pola penggunaan transportasi umum yang nantinya dapat memengaruhi pengembangan kebijakan dan perencanaan tata kota Jakarta.

Aplikasi Trafi sudah diterapkan di berbagai kota besar dunia di antaranya Madrid, Taipei, Istanbul, dan Rio de Janeiro. Dengan adanya berbagai inovasi teknologi yang hadir, mari gunakan transportasi umum untuk mendukung smart mobility di ibukota.

Artikel lainnya

Penataan Ulang Jalur Pedestrian Sudirman-Thamrin

Penataan ulang jalur pedestrian sedang digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Salah satu jalur yang menjadi sasaran penataan ini adalah sepanjang Jalan Sudirman–Thamrin. Pedestrian sepanjang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City