Tertib Parkir dengan Aplikasi Jukir

JSC | 11 months ago

Parkir liar kerap kali menjadi permasalahan di ibukota. Ketidakhadiran juru parkir atau juru parkir yang tidak profesional adalah salah satu penyebabnya. Juru parkir juga terkadang tidak mendapat penghasilan yang layak dari pekerjaan mereka.

Aplikasi Jukir merupakan solusi untuk menertibkan parkir dan menyejahterakan juru parkir. Aplikasi ini merupakan inovasi yang membantu aktivitas perparkiran dengan teknologi digital, sehingga para pengemudi lebih tertib dan juru parkir lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah ketika kendaraan datang, juru parkir yang berjaga akan mengambil gambar pelat nomor kendaraan di fitur aplikasi Mitra Jukir. Kemudian juru parkir akan mengkategorikan jenis kendaraan yaitu motor, mobil, box/truk, atau bus. Aplikasi terhubung dengan alat yang diikatkan di pinggang juru parkir yang bisa mencetak tiket parkir.

Setiap jenis kendaraan akan dikenakan tarif masing-masing. Untuk tarif progresif on-street di Jakarta adalah sebesar Rp. 5000/jam untuk mobil dan Rp. 2000/jam untuk motor. Tarif progresif diberlakukan untuk meningkatkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) yang diatur menurut Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 Pasal 1 Tentang Pertimbangan Keuangan Antara Pusat Daerah. Sehingga pendapatan para juru parkir akan turut meningkat dan lebih menyejahterakan kehidupan mereka.

“Pertama ingin kita ciptakan lapangan pekerjaan. Kemudian ingin ubah perilaku masyarakat agar mulai tertib dalam perparkiran. Bagaimana kita menggabungkan teknologi dan digital,” ujar Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, pada saat peluncuran aplikasi Jukir di Taman Ayodya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (17/5). Sandi juga menjelaskan bahwa berdasarkan hasil uji coba, aplikasi ini dapat meningkatkan pendapatkan parkir hingga 129 persen.

Dikutip dari website resmi jukir.co, sekarang sudah ada lebih dari 200 juru parkir yang terdaftar menjadi mitra, dengan sekitar 300 ribu transaksi di 50+ lokasi. UP Perparkiran Bidang Tepi Jalan wilayah Jakarta Pusat rencananya akan menerapkan Jukir di Lapangan Banteng untuk membenahi parkir liar di sana.

Aplikasi Jukir juga berencana untuk meningkatkan inovasi dengan fitur-fitur seperti Ju-Booking, Ju-Pay, Ju-Tix, Ju-Bli, dan Ju-Bang ke depannya untuk mendukung transaksi ekonomi digital di Indonesia. Aplikasi Jukir merupakan penerapan teknologi untuk mendukung Smart Mobility di Jakarta.

Artikel lainnya

Pelican Crossing di Kawasan Bundaran HI

Pemerintah DKI Jakarta memasang Pelican Crossing di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat sebagai pengganti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang sudah tidak digunakan. ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City