Shuttle Bus Royal Trans dan Metro Trans di GBK

JSC | 1 year ago

Berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang transportasi selama Asian Games 2018. Salah satunya adalah Shuttle Bus Royal Trans dan Metro Trans yang difasilitasi Inasgoc (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee). Kedua bus tersebut beroperasi di dalam dan di luar area Gelora Bung Karno selama perhelatan olahraga terbesar se-Asia itu.

Bus Royal Trans diperuntukkan bagi penonton pertandingan Asian Games yang sudah memiliki tiket serta media. Bus ini hanya beroperasi di dalam GBK. Atlet maupun ofisial yang ingin menyaksikan pertandingan di venue lain pun dapat menggunakan bus ini secara cuma-cuma. Bagi pengunjung lain yang ingin mencoba bus tersebut bisa membeli tiket festival seharga Rp. 30 ribu yang bisa didapatkan di Gate 7. Dengan tiket tersebut, pengunjung dapat masuk ke area GBK tanpa menonton pertandingan secara langsung, dan di dalamnya sudah termasuk akomodasi bus Royal Trans.

Kendaraan berwarna ungu ini merupakan tipe Mercedes Benz OF 917 yang memiliki fasilitas USB port di setiap kursi penumpang, sehingga penumpang tidak perlu khawatir apabila gadgetnya kehabisan daya listrik. Selain itu bus ini juga dilengkapi Wi-Fi, layar LCD, dan rak tas. Ada total 20 bus Royal Trans yang beroperasi hingga pukul 23:00. Namun semakin malam jumlah bus yang beroperasi semakin sedikit.

 

Berikut titik-titik pemberhentian shuttle bus Royal Trans:

-Jakarta Convention Center

-Istora Senayan

-Aquatic Center

-Hall Basket

-Venue Voli

-Panahan

-Lapangan ABC

 

Selain bus Royal Trans, ada juga bus Metro Trans yang dikhususkan untuk mengangkut para atlet. Mereka akan dimobilisasi menggunakan kendaraan ini dari Wisma Atlet ke venue olahraga untuk pertandingan maupun tempat wisata di Jakarta untuk kegiatan lainnya. Walaupun dikhususkan untuk atlet, pihak media juga diperbolehkan menaiki bus tersebut. Terdapat juga bus Metro Trans yang bisa dinaiki penumpang secara gratis.

Bus Metro Trans, yang dicat warna jingga, juga memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan bus saudaranya Royal Trans. Dengan kapasitas 41 kursi bus tersebut dilengkapi dengan TV Wide Screen, 12 kamera CCTV, fasilitas ramah difabel, dan lain-lain. Jenis dari bus Metro Trans ini adalah Mercedes Benz O500U 1726.

Untuk bus Metro Trans yang dapat digunakan oleh masyarakat umum, berikut titik-titik pemberhentiannya: halte fX Sudirman (Pintu 5 GBK), Pintu 6, Pintu 7, Pintu 8, Pintu 9, Seberang Gedung TVRI (Pintu 10), Depan Kantor Kemenpora (Hall Basket Senayan), Hotel Mulia (Pintu 11), Pintu 1, halte Plaza Senayan, lalu kembali lagi ke halte fX Sudirman.

Mari dukung atlet-atlet Indonesia dengan menonton langsung ke venue pertandingan. Akan lebih baik apabila kita menggunakan transportasi umum agar mengurangi jumlah kendaraan di sekitar venue. Bersama kita tunjukkan bahwa Jakarta mampu menjadi kota smart city dengan citizens yang mendukung smart mobility.

Artikel lainnya

Aplikasi SIAP BOS-BOP untuk Transparansi Keuangan Sekolah

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) menunjang perkembangan sistem pendidikan terutama bagi sekolah dan murid yang membutuhkan. Sayangnya, banyak dana BOS ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City