Solar Charging Station di Venue Asian Games 2018

JSC | 10 months ago

Perhelatan Asian Games 2018 memanfaatkan beragam teknologi demi kelancaran event olahraga terbesar di Asia tersebut. Pemprov DKI Jakarta, yang bekerja sama dengan PT Berau Coal, menyediakan Solar Charging Station atau Stasiun Pengisi Listrik Bertenaga Surya. Terdapat 32 Solar Charging Station yang dipasang di 15 lokasi penunjang Asian Games yang kesemuanya berada di atas lahan milik Pemprov DKI.

Solar Charging Station tersebut memiliki pengisi daya yang terdapat di empat sisi stasiun, yang dilengkapi dengan meja bundar untuk menaruh gadget. Meja tersebut dicat cerah berwarna-warni agar sesuai dengan nuansa Asian Games 2018. Di tiang instalasi juga terdapat poster-poster sosialisasi.

Bagaimana stasiun pengisi listrik bertenaga surya tersebut bekerja? Solar panel memiliki sel-sel fotovoltaik (photovoltaic cells) yang dibuat dari material semikonduktor seperti silikon. Ketika sinar matahari yang mengandung partikel photon mengenai solar panel, partikel tersebut membuat elektron di dalam semikonduktor tidak stabil, dan elektron tersebut kemudian menghasilkan arus listrik. Listrik dari panel surya biasanya tidak dialirkan langsung ke gadget, namun disimpan ke baterai rechargeable yang terdapat di dalam stasiun dan kemudian didistribusikan ke gadget apabila ada charger yang terhubung.

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mencoba sendiri Solar Charging Station yang berlokasi di Monas, Gambir, Jakarta Pusat (14/8) setelah menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Berau Coal tentang Solar Station dalam rangka Pemenuhan Kebutuhan Sarana di Venue Pertandingan dan Latihan Asian Games XVII. Anies juga mengungkapkan bahwa rencananya fasilitas ini bukan hanya dipasang di venues terkait Asian Games, namun juga di tempat lain seperti taman-taman agar masyarakat dapat menikmatinya.

"Saya berharap, pemasangan solar charging station ini bisa mengampanyekan perlunya energi terbarukan sebagai sumber dari kebutuhan kita atas energi di Jakarta," ungkap Anies seperti dikutip di beritajakarta.id.

Tersedianya fasilitas charging yang memanfaatkan tenaga surya merupakan inovasi yang sejalan dengan dengan Pergub Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Walaupun menghasilkan energi listrik yang relatif tidak terlalu besar, diharapkan dengan hadirnya Solar Charging Station ini dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya energi terbarukan. Dengan begitu pemanfaatan Smart Environment di ibukota akan semakin maksimal.
 

Artikel lainnya

Underpass Matraman Menjadi Underpass Bercabang Pertama di Indonesia

Uji coba underpass Matraman diberlakukan pada Selasa (10/4). Berbeda dengan underpass lain, terowongan bawah tanah tersebut menjadi underpass pertama yang bercabang di Jakarta bahkan Indonesia. Dari ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City