Selamat Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2018

JSC | 1 year ago

Hari ini, Jumat tanggal 10 Agustus 2018, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-23. Peringatan Hakteknas tahun ini diselenggarakan di Pekanbaru, Riau. Tema yang diangkat adalah “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Industri” dengan sub tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0” dan tagline “Inovasi Membangun Negeri.”

Hakteknas diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dengan tujuan sebagai momentum untuk menumbuhkembangkan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan inovasi yang berkelanjutan. Peringatan tahunan ini juga merupakan upaya untuk terus menciptakan, membangkitkan, serta meningkatkan kapasitas iptek dan inovasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa.

Hakteknas pertama kali diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus 1995 bertepatan dengan penerbangan pertama pesawat buatan anak bangsa di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 71 Tahun 1995. Jakarta juga sempat menjadi tuan rumah Hakteknas ke-20 pada tahun 2015 silam.

Hakteknas ke-23 memiliki rangkaian kegiatan yang beragam. Beberapa di antaranya adalah lomba produk inovasi nasional, bakti inovasi, anugerah iptek dan inovasi, kegiatan ilmiah, lomba iptek dan inovasi, car free day, peragaan iptek keliling, serta acara puncak.

Jakarta Smart City merupakan salah satu contoh pengembangan iptek dan inovasi karena memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota pintar, dengan enam pilar utama yakni Smart People, Smart Government, Smart Environment, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Living.
 

Artikel lainnya

LED Smart System untuk Penerangan Jalan Ibu Kota

Penggantian lampu penerangan jalan umum menggunakan Light Emitting Diode (LED) berbasis smart system sudah mencapai 97 persen di Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Utara dan Jakarta Selatan dengan total ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City