Nikmati Buku Bacaan Secara Digital di iJakarta

JSC | 3 years ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yaitu Ijakarta pada Oktober 2015. Ini merupakan aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan alat untuk membaca buku digital atau ebook reader. Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) dengan PT Woolu Aksara Maya. Nantinya aplikasi akan tersambung dengan Jakarta Smart City.

"Tujuan diluncurkannya aplikasi perpustakaan digital bernama iJakarta ini adalah supaya seluruh warga bisa mengakses buku-buku yang berkualitas secara mudah dan cuma-cuma," kata Basuki Tjahaja Purnama dikutip dari antaranews.com.

Dalam aplikasi ini akan ada ribuan judul buku dengan beragam kategori, mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah, buku fiksi, dan buku-buku populer lainnya. Semua jenis buku tersebut bisa diakses oleh seluruh warga Jakarta secara gratis dan akan terus bertambah.

Untuk dapat meminjam buku di iJakarta harus daftar akun terlebih dahulu. Lewat akun tersebut, para peminjam buku bisa mengunduh buku pilihan mereka dengan batas waktu peminjaman selama 4 hari. Setelah batas waktu peminjaman selesai, buku digital secara otomatis akan dikembalikan. Selain itu, para peminjam buku juga bisa berinteraksi satu sama lain dan saling berbagi bahan bacaan.

"Sekarang banyak TV dan YouTube, tapi mendapat pengetahuan yang lebih cepat itu dari baca," kata Basuki dikutip dari tempo.co.

Para pelajar menyambut baik iJakarta. Dikutip dari tempo.co, Widyamurti Larasati, 17 tahun, mengatakan senang atas adanya aplikasi ini karena ia bisa mengunduh buku pelajaran di sana secara gratis. Siswi kelas XI SMA Negeri 8 Jakarta ini sudah menjadi anggota sejak aplikasi itu diluncurkan.

Peluncuran aplikasi iJakarta ini mendapat dukungan dari berbagai penerbit buku seperti Gramedia, Pustaka Utama, Erlangga, Agro Media Group, Mizan, Elex Media Komputindo, Gramedia Widiasarana Indonesia, Bhuana Ilmu Populer, Kepustakaan Populer Gramedia, Penerbit Kanisius, UGM Press, UNS Press, dan UB Press.

Aplikasi perpustakaan digital iJakarta dapat diunduh di ponsel pintar atau smartphone berbasis android, iOS dan windows. Aplikasi itu dapat digunakan, baik secara online maupun offline. Dengan iJakarta, masyakarat tidak harus membeli buku secara fisik ke toko buku karena bisa dicari di iJakarta secara gratis. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Rencana Penambahan CCTV Berteknologi Face Recognition untuk Keamanan Asian Games 2018

Dalam perhelatan olahraga akbar seperti Asian Games 2018, keamanan tentu menjadi prioritas. Pemprov DKI Jakarta turut melakukan berbagai upaya untuk menjamin keamanan selama acara berlangsung. Salah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City