Kondisi RPTRA Bisa Dipantau Melalui Jakarta Smart City Portal

JSC | 2 years ago

Menjadi kota yang ramah anak merupakan mimpi semua kota di Indonesia termasuk DKI Jakarta. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta melakukan perubahan besar yaitu membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

RPTRA merupakan taman yang didesain dengan konsep modern yang ramah anak dan dilengkapi denganfasilitas Wi-Fi, aula serbaguna terbuka, lapangan olahraga, taman toga, ruang menyusui, PKK Mart, perpustakaan, pantry, toilet umum dan disabilitas, taman interaksi, amfiteater, dan komposting atau tempat pemilahan sampah.

RPTRA diharapkan dapat menjadi pusat interaksi publik sekaligus sebagai media pembelajaran dan minat bakat anak. RPTRA bukan hanya sebagai fasilitas anak-anak untuk bersosialisasi, melainkan juga untuk para orangtua. Para orangtua yang datang mengantar anaknya tentunya bisa saling berinteraksi dan bersosialisasi.

Selain itu, orangtua tidak perlu khawatir bila tidak bisa mengantar anaknya bermain di RPTRA, karena di RPTRA sudah dilengkapi dengan CCTV yang terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City. Melalui aplikasi Jakarta Smart City Portal yang saat ini pun sudah bisa didownload di handphone, para orang tua bisa mengamati langsung anak-anaknya yang tengah bermain melalui handphone miliknya. Selain itu, informasi tentang RPTRA dari laporan masyarakat juga dapat dilihat di Jakarta Smart City portal.

Keberadaan RPTRA telah mencakup dua komponen Smart City, yaitu smart environment dan smart living. RPTRA dapat menciptakan lingkungan yang bisa memberikan kenyamanan, keberlanjutan sumber daya, keindahan fisik maupun non fisik, visual maupun tidak, bagi masyarakat dan publik lingkungan yang bersih tertata, dan meningkatkan kualitas hidup dan kebudayaan.

Pada tahun 2015, 11 RPTRA telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Pada tahun 2016, ditargetkan akan ada pembangunan 150 RPTRA di Jakarta.

Seusai meresmikan RPTRA Kenanga di Jalan Tidore, Jakarta Pusat, Basuki berpesan kepada aparat kelurahan dan warga untuk bersama-sama menjaga serta merawat RPTRA dan mengimbau agar taman tak dikuasai oknum preman untuk menjadi ladang pungutan liar baru. (jsc-sy/shg)

Artikel lainnya

Ikut Mengawasi Aliran Uang Daerah Lewat e-Monev

Untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan,Pemprov DKI Jakarta menerapkan berbagai strategi agar setiap orang mudah mengakses informasi terkait pemerintahan daerah. Salah satunya melalui ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City