DKI Jakarta Terpilih Menjadi Pemenang We Love Cities 2018

JSC | 5 months ago

Kota telah menjadi bagian penting dari peradaban manusia. Lebih dari setengah populasi manusia kini tinggal di perkotaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perkotaan memang memiliki beragam masalah, salah satunya polusi di mana perkotaan telah menyumbangkan lebih dari 70% dari total emisi yang dapat merusak iklim (welovecities.org). Namun, perkotaan juga memiliki peluang untuk menjadi tempat yang ramah lingkungan melalui berbagai inovasi dan solusi yang tentunya harus didukung oleh rakyat yang mencintai kotanya. Atas dasar itulah kampanye We Love Cities diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF).

We Love Cities adalah kampanye sosial media yang memungkinkan masyarakat dari berbagai belahan dunia mendukung dan memberi saran bagi kotanya agar menjadi kota urban yang sustainable dan ramah lingkungan. The One Planet City Challenge adalah challenge/tantangan yang terlama durasi pelaksanaannya sekaligus terbesar di dunia.

Pada ajang We Love Cities 2018, ibukota Jakarta berhasil unggul menjadi pemenang sebagai kota yang paling dicintai. Hasil tersebut diumumkan setelah kampanye masif dilakukan pada 7 Mei hingga 30 Juni 2018. Selain menjadi pemenang We Love Cities, Jakarta juga menjadi pemenang nasional One Planet City Challenge. Jakarta berhasil unggul dari 50 kota finalis dari 21 negara termasuk kota-kota besar dunia seperti Tokyo, Vancouver, dan Istanbul. Untuk di Indonesia, peserta We Love Cities lainnya adalah Bogor dan Balikpapan.

Pemenang We Love Cities dipilih melalui jumlah vote website, interaksi di sosial media termasuk tagar khas tiap kota, serta saran atau masukan untuk membuat kota tersebut lebih baik. Jakarta unggul melalui tagar #WeLoveJakarta dengan lebih dari enam juta interaksi sosial media, votes dan saran. Vote dan saran tersebut akan disampaikan ke perwakilan kota terkait, jadi aspirasi dari para voters untuk kota yang lebih sustainable tidaklah sia-sia.

Untuk menjadikan kota menjadi tempat yang sustainable dan ramah lingkungan di masa depan, kota-kota yang berpartisipasi dalam We Love Cities memiliki lima pilar, di antaranya We Love to Get Around (Transportasi), We Love the Power of Nature (Energi), We Love Green Buildings (Lingkungan), We Love Clean Living (Lingkungan), dan We Love Good Food (Kesehatan).

Konsep We Love Cities sebenarnya selaras dengan konsep smart city. Mari terus dukung ibukota Jakarta untuk menjadi kota yang sustainable dan ramah lingkungan, sehingga Jakarta akan menjadi ibukota yang semakin dicintai warganya.

Artikel lainnya

Pengalaman Membaca dengan Aplikasi i-Jakarta

Minat baca di Indonesia terbilang masih rendah. Menurut data Perpustakaan Nasional tahun 2017, masyarakat Indonesia hanya membaca rata-rata tiga sampai empat kali seminggu, dengan buku yang dibaca ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City