Cara Kerja Penerangan Jalan Umum Smart System

JSC | 3 months ago

Light Emitting Diode Smart System (LED SS) telah dipasang di berbagai tempat di Jakarta untuk menerapkan Penerangan Jalan Umum (PJU) Smart System di ibukota. Salah satunya adalah mulai dipasangnya 4.701 unit lampu di Pasar Rebo belum lama ini. Sistem tersebut memungkinkan petugas untuk memonitor dan mengontrol lampu dari jauh. Bagaimanakah Smart System ini bekerja?

Penerangan Jalan Umum Smart System merupakan penerapan dari IoT atau Internet of Things. IoT adalah sebuah konsep di mana internet dapat dihubungkan dengan benda-benda sehingga benda tersebut dapat dikontrol atau digunakan dengan perangkat nirkabel.

Smart System ini dikendalikan dari ruang kontrol yang berlokasi di kantor Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi setempat. Untuk Jakarta Pusat, ruang kontrol tersebut berlokasi di Jl. Tanah Abang I, Gambir. Ruang kontrol dapat memonitor setidaknya 25.230 unit lampu se-Jakarta Pusat selama 24 jam secara real-time. Terdapat enam operator yang dibagi shift selama 24 jam, dan dalam setiap shift ada dua operator yang berjaga di ruang tersebut.

Lampu PJU Smart System dapat dihidupkan dan dimatikan dengan kendali dari ruang kontrol sehingga lebih efisien dibandingkan dengan cara pengoperasian manual. Apabila ada lampu yang padam karena kerusakan, notifikasi akan muncul di layar ruang monitor sehingga operator ruang kontrol dapat langsung memberikan perintah kerja kepada petugas di lapangan untuk melakukan perbaikan segera. Notifikasi tersebut dapat menunjukkan lokasi dari lampu yang padam, jenis lampu, serta nomor token. Jika lampu sudah diperbaiki, akan muncul pula notifikasi bahwa lampu sudah dapat berfungsi seperti sedia kala.

Smart System ini juga dapat menghemat listrik serta biaya yang digunakan karena lampu dapat dinyalakan dan dimatikan tepat waktu, serta untuk daerah yang aktifitasnya minim pada malam hari, petugas dapat menurunkan pencahayaan serta penggunaan daya.

Sedangkan untuk jenis lampunya sendiri, lampu LED SS tahan lama karena dapat bertahan selama 50 ribu jam atau sekitar 12 tahun. Jenis daya lampu disesuaikan dengan kondisi jalan, misalnya untuk jalan utama menggunakan daya listrik 200 watt, untuk jalan penghubung 120 watt, jalan lingkungan 90 watt, dan untuk gang 40 watt.

Penerangan Jalan Umum Smart System merupakan penerapan smart city di Jakarta karena memanfaatkan teknologi terkini untuk mengurangi bahkan mengatasi berbagai permasalahan ibukota.

Artikel lainnya

Mengurangi Polusi Udara Jakarta dengan Uji Emisi Kendaraan Bermotor

Tahukah kamu? Jakarta kini menjadi kota besar dengan kualitas udara terburuk kedua di dunia menurut website AirVisual dengan Air Quality Index (AQI) sebesar 174, di bawah kota Lahore, Pakistan dengan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City