Jakarta Smart City Kembangkan Sistem Manajemen Sampah

JSC | 2 years ago

Permasalahan sampah yang begitu komplek membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bekerja keras untuk menanganinya. Unit Pengelola Teknis (UPT) Jakarta Smart City bersama Dinas Pendidikan sedang mengembangkan sistem manajemen sampah sebagai bagian dari rencana induk Jakarta Smart City di bidang lingkungan 2016-2018.

Pemprov DKI akan membangun incinerator di lima wilayah Jakarta beserta tempat pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (ITF). Teknologi incinerator tersebut akan diterapkan di tingkat kelurahan dan kecamatan sehingga sampah-sampah bisa langsung dimusnahkan tanpa harus dibawa terlebih dahulu ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang dan Jakarta dapat melepas ketergantungan membuang sampah Jakarta di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantar Gebang, Bekasi.

Salah satu alasan yang mendasari rencana tersebut adalah suara masyarakat ibu kota yang menilai kebiasaan membuang sampah sembarangan merupakan pelanggaran yang paling banyak dikeluhkan, ungkap Kepala UPT Jakarta Smart City, Setiaji, dalam sebuah diskusi panel di Jakarta, Senin (15/2).

Selain itu, penanganan sampah melalui Bank Sampah kini terus digalakkan di tingkat RT/RW agar warga menjadi terbiasa memilah sampah sebelum dibuang sehingga memungkinkan untuk didaur ulang. Dengan adanya bank sampah, pengelolaan sampah bisa menjadi lebih baik, angka sampah menurun dan bahkan menguntungkan. Ke depannya, transaksi bank sampah akan menggunakan sistem non tunai dan terkoneksi langsung dengan portal Jakarta Smart City.

Saat ini, segala macam penanganan sampah, mulai dari truk sampah, tempat pembungan sampah (TPS) hingga pekerja harian lepas (PHL) sudah dapat dipantau melalui portal Jakarta Smart City (smartcity.jakarta.go.id). Diharapkan dengan berbagai program yang dilakukan, Jakarta bebas sampah di tahun 2020. (jsc-sy)

Artikel lainnya

SPBU Apung untuk Memenuhi Kebutuhan Bahan Bakar di Kepulauan Seribu

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kepulauan Seribu dengan sistem apung akan dimulai pengerjaannya bulan Januari 2017 mendatang. Dengan bekerja sama dengan perusahaan swasta, SPBU apung ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City