Wujudkan Ide Pembangunan Kota melalui BERiDE

JSC | 6 months ago

Untuk menciptakan kota yang maju, Jakarta membutuhkan ide-ide yang brilian, solutif, dan bisa diterapkan di ibu kota. Sayangnya, banyak ide-ide yang tidak dapat disalurkan secara tepat. Ide yang bagus juga kerap kali sulit untuk diwujudkan karena tidak adanya investor yang memberikan dana untuk merealisasikan ide tersebut.

BERiDE hadir untuk menjembatani celah tersebut. BERiDE adalah layanan interaktif berbasis website agar warga kota dapat menyalurkan ide-idenya melalui portal BERiDE, dan instansi yang berwenang maupun investor yang tertarik dengan ide tersebut dapat membantu mewujudkannya. Selain itu, BERiDE juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bagi instansi pemerintah, instansi swasta, dan komunitas untuk menjalankan sayembara dengan tema pembangunan kota.

BERiDE diluncurkan di Jakarta Smart City, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat pada 23 Mei 2018. BERiDE dikembangkan oleh PT Beride Karya Indonesia, yang bergerak di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota, Arsitektur, Pemetaan, dan Perancangan Sistem Informasi.

Cara untuk melakukan submit ide di BERiDE cukup mudah. Sebelumnya calon pengguna harus melakukan registrasi di website jakarta.beride.id dan melakukan konfirmasi akun melalui e-mail. Kemudian Intelegensia, sebutan bagi pemilik akun di BERiDE, dapat menuangkan idenya dengan memasukan kategori, judul, lokasi, deskripsi lokasi, deskripsi ide, prediksi implikasi positif yang timbul jika ide tersebut diwujudkan, dan ilustrasi visual ide dalam bentuk gambar atau video.

Ide-ide yang masuk selanjutnya akan dikurasi oleh tim internal BERiDE yang berasal dari berbagai bidang, serta akan didiskusikan dan dikonsultasikan dengan instansi pemerintah terkait, praktisi, komunitas, dan pihak terkait. Intelegensia sebagai penggagas ide akan tetap memiliki hak kekayaan intelektual dari ide tersebut, yang diakui dan dilindungi BERiDE.

Ke depannya, BERiDE akan melakukan sosialisasi berupa roadshow serta akan terus mengembangkan fitur-fiturnya. BERiDE juga akan mengumpulkan berbagai ide dalam rangka pemecahan rekor MURI di kategori 1000 Ide untuk Jakarta. Kegiatan pengumpulan ide tersebut rencananya akan dilaksanakan mulai 23 Mei 2018 pada saat launching hingga 23 November 2018. Bahkan, selain warga ibu kota, warga luar Jakarta pun dapat turut menggagas idenya melalui BERiDE. Jika kamu memiliki ide cerdas untuk pembangunan Jakarta, pastikan untuk men-submit idemu melalui BERiDE.

Artikel lainnya

Aksi Pemprov DKI Jakarta untuk Earth Hour 2017

Pada hari Sabtu, 25 Maret 2017 lalu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ikut serta dalam kegiatan global yang dicetuskan oleh World Wide Fund for Nature (WWF), yakni Earth Hour 2017. Kegiatan yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City