JSC Lounge: Ruang Kreatif Menuju Smart City

JSC | 1 year ago

Di penghujung tahun 2015, Unit Pengelola Jakarta Smart City memiliki Jakarta Smart City Lounge (JSC Lounge). JSC Lounge merupakan ruang kreatif untuk mendukung implementasi JSC. Lounge merupakan kata akronim dari Learn (tempat berbagi, belajar, dan mendapatkan ilmu), Open (pemerintahan yang terbuka, kolaboratif, dan inovatif), Unity (kebersamaan dalam membangun Jakarta), Network (memperluas jaringan untuk dapat bergabung dengan JSC), Guidance (memberikan arahan pengembangan kota menuju Smart City), dan Excellence (memberikan pelayanan publik yang terbaik).

JSC Lounge memiliki berbagai ruangan diantaranya Command Center. Ruangan tersebut dilengkapi dengan layar LED besar menampilkan berbagai informasi yang telah terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City. Command Center menjadi pusat komando koordinasi dengan SKPD lainnya terkait kejadian atau permasalahan yang terjadi di Jakarta.Command Center juga dilengkapi dengan video surveillance dan sistem Intelegent Operational Center (IOC) untuk monitoring dan analisis semua kejadian yang ada di Jakarta.

Selanjutnya ruang operasional yaitu tempat seluruh pegawai Unit Pengelola Jakarta Smart City bekerja. Mereka bekerja dalam satu ruangan yang dikelilingi kaca transparan sehingga siapapun dapat melihatnya sebagai wujud transparansi Jakarta dan koordinasi antar tim lebih efektif.

Ruang operasional ini juga menjadi satu dengan co-working space. Tempat untuk parapenggiat startup berkumpul, saling berdiskusi dan mengembangkan aplikasi yang bisa berguna bagi Pemprov DKI dan terutama bagi warga Jakarta dalam peningkatan pelayanan publik. Selama JSC diresmikan, co-working ini sudah banyak digunakan untuk berbagai aktivitas atau event dalam meningkatkan kolaborasi dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan Jakarta Smart City.

Kini, semua warga dapat berkunjung ke JSC Lounge. JSC Lounge menjadi salah satu tujuan wisata baru di Jakarta sekaligus sarana edukasi tentang Jakarta Smart City. JSC Lounge yang terletak di Balai Kota DKI Jakarta Blok B Lantai 3 ini terbuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. (jsc-sy)

Artikel Lainnya

Aktualisasi Ciri Khas Daerah Melalui Penetapan Ikon Budaya Betawi

Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi disusun secara spesifik untuk melengkapi Perda dan Pergub sebelumnya tentang pelestarian budaya Betawi. Aturan tersebut ...

Hak cipta © 2016 oleh Jakarta Smart City.