Pengelolaan e-Waste Melalui Pengumpulan dan Penjemputan Sampah Elektronik

JSC | 1 year ago

Limbah elektronik (e-Waste) adalah sampah atau limbah yang berasal dari peralatan elektronik. Contohnya adalah telepon genggam, komputer, televisi, mesin cuci, dan sebagainya. Tahukah kamu? Limbah elektronik mengandung bahan yang berbahaya dan beracun, seperti logam berat, PVC, PcB, dan lain-lain yang dapat merusak kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, sampah elektronik harus dikelola agar terpisah dari jenis sampah lain dan mencemari lingkungan sekitar.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah berupaya untuk mengatasi masalah tersebut, di antaranya dengan membuat program pengumpulan limbah elektronik, program penjemputan limbah elektronik, serta sosialisasi.

Dikutip dari beritajakarta.id, Pelaksana harian (Plh) Suku Dinas LH Jakarta Selatan, Sena Saputra, mengungkapkan bahwa sudah banyak warga yang memanfaatkan program tersebut. “Kami terus sosialisasikan program e-Waste ini melalui berbagai media seperti spanduk dan media sosial,” ujarnya pada Selasa (15/5).

Untuk program pengumpulan limbah elektronik, sampah-sampah tersebut dihimpun di setiap wilayah kecamatan dan dikirim ke gudang Dinas Lingkungan Hidup Jakarta di Pulomas setiap pekan. Pengumpulan limbah elektronik juga dikumpulkan di sekolah-sekolah Adiwiyata Mandiri sebelum ditransfer ke kecamatan.

Sementara dalam program penjemputan limbah elektronik, warga Jakarta bisa meminta petugas Dinas Lingkungan hidup untuk datang ke rumah mereka dan mengangkut sampah elektronik. Layanan ini gratis tanpa dipungut biaya. Syaratnya, limbah elektronik yang diangkut memiliki berat minimal 5 Kilogram. Untuk pendaftaran penjemputannya secara online melalui website https://lingkunganhidup.jakarta.go.id/.

Dengan pengelolaan limbah elektronik yang baik, risiko dari dampak negatif limbah elektronik bisa berkurang. Pilar smart environment juga bisa tercapai, tentunya dengan partisipasi masyarakat untuk mengelola, memilah, dan membuang sampah pada tempatnya.

Artikel lainnya

Pemasangan Perangkat GPS untuk Aset Pemprov DKI

Pemprov DKI Jakarta berupaya memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang efektif dan profesional. Salah satunya adalah dengan pemasangan perangkat Global Positioning ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City