Penerapan API Jakarta oleh Aplikasi Hospitaloka

JSC | 8 months ago

Pada Jumat (27/4) tim Jakarta Smart City berkesempatan untuk mewawancarai Emanuel Setio Dewo, IT Corporate Manager Grup Awal Bros yang juga mengepalai pengembangan aplikasi Hospitaloka. Pria yang kerap disapa Dewo ini bercerita tentang bagaimana API Jakarta sangat bermanfaat dalam aplikasi yang dikembangkannya.

Hospitaloka adalah aplikasi di bidang kesehatan yang memungkinkan pasien untuk melakukan appointment atau janji dengan dokter secara online. Pasien juga dapat memilih sendiri waktu appointment. Selain itu dengan aplikasi ini pasien dapat mencari rumah sakit atau puskesmas terdekat. Terlebih lagi, kita dapat membaca artikel-artikel kesehatan dalam satu platform.

Aplikasi ini menggunakan API Jakarta sebagai salah satu sumber datanya. Sumber data yang lain adalah data medical record dari rumah sakit serta sumber-sumber berita dari website yang diagregasi. Dengan API Jakarta sendiri, data yang dapat diperoleh adalah info rumah sakit umum, khusus, dan puskesmas yang berupa info koordinat lokasi, website, nomor telepon, dan lain-lain.

 “Keunggulannya (menggunakan API Jakarta) lebih lengkap, rinci datanya, dan juga andal. Jadi kami bisa mengandalkan untuk mengambil informasi itu dari server Jakarta Smart City. Belum ada laporan putus data,” ujar Dewo. Ia juga mengungkapkan bahwa karena kelengkapan datanya, menggunakan API Jakarta sebagai satu sumber saja (untuk pelacakan lokasi) sudah cukup.

Salah satu pengaplikasiannya adalah dengan API Jakarta, pasien pengguna Hospitaloka bisa diarahkan langsung ke rumah sakit terdekat melalui peta online karena API Jakarta menyediakan koordinat rumah sakit tersebut.

Dewo berharap ke depannya Jakarta Smart City dan Hospitaloka bisa lebih bersinergi dalam bentuk layanan. Ia juga berpesan agar masyarakat mulai bisa menggunakan API Jakarta yang bisa dikolaborasikan dengan bidang-bidang lain, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Artikel lainnya

Teknologi yang Paling Mendefinisikan Smart City (Bagian II)

Selain teknologi pengenalan individu, informasi berbasis lokasi dan pergerakan individu, dan penerapan teknologi untuk mengobservasi dan memahami lingkungan, ada tiga aspek penerapan teknologi lain ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City