Cara Pemanfaatan API Jakarta Smart City

JSC | 5 months ago

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyediakan API (Application Programming Interface) yang dapat digunakan oleh para pengembang aplikasi atau website. Data-data yang terdapat dalam layanan API dapat dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan startup sesuai dengan tujuan mereka. Namun, bagaimanakah cara menggunakan API tersebut? Berikut adalah cara untuk me-request open API Jakarta.

Pertama, tentunya kita harus melakukan log in terlebih dahulu di website api.jakarta.go.id. Setelah itu klik tab “Create App.” Isi nama dan deskripsi serta pilih API yang akan digunakan. Untuk melihat tipe data apa saja yang tersedia, silakan terlebih dahulu kunjungi api.jakarta.go.id/endpoint#.

Setelah itu kita akan otomatis kembali ke tab home dan muncul App yang telah dibuat sebelumnya. Klik app tersebut untuk melihat informasi yang berkaitan. Terdapat token yang bisa digunakan untuk request API.

Langkah selajutnya, kita dapat menggunakan postman sebagai percobaan. Copy salah satu API yang ada di API Jakarta dan paste di postman tersebut. Lalu buka tab header, isi key dengan Authorization, dan isi value dengan token yang telah didapat tadi. Jika data telah tampil dan status request 200 maka request telah sukses. Akhirnya kita dapat mencoba menerapkan cara tersebut langsung di applikasi masing-masing.

Demikian cara memanfaatkan API Jakarta. Semoga layanan ini dapat berguna khususnya bagi para pegiat startup yang turut membantu pertumbuhan ekonomi serta mendukung smart economy di ibu kota.

Artikel lainnya

Langkah Cerdas Jakarta Berhasil Menekan Laju Inflasi

Mewujudkan smart economy sebagai salah satu indikator dari smart city, salah satunya adalah dengan mengupayakan perekonomian yang stabil dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Baru-baru ini, DKI ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City