Laporkan Kinerja Pemerintah Melalui Qlue

JSC | 2 years ago

Qlue merupakan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan Jakarta Smart City dalam bentuk sosial media yang mengajak partisipasi masyarakat untuk melaporkan keluhan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan aplikasi ini, warga Jakarta dapat melaporkan aduan terhadap kondisi lingkungan seperti sampah, banjir, kemacetan, jalan rusak, kebakaran, dan lain-lain. Selain itu, setiap laporan dapat dipantau progressnya untuk memastikan semua keluhan yang disampaikan ditindaklanjuti.


Gambar 1. Cara Mengunduh Aplikasi Qlue

Aplikasi Qlue sudah dapat di download melalui Google Play Store Android dan App Store IOS.

 


Gambar 2. Cara Mendaftar Akun Qlue

Untuk memudahkan pengguna, dalam mendaftarkan akun Qlue dapat melalui empat cara yaitu melalui email, facebook, google+, dan twitter. Anda hanya perlu memilih salah satunya, kemudian mengisi username, email, dan nomor telepon untuk akun Anda tersebut.

 


Gambar 3. Cara Melaporkan Aduan di Qlue

                Untuk melaporkan aduan ke Pemerintah DKI Jakarta, Anda klik ikon bulat dan pilih laporan ke pemerintah. Kemudian tekan tombol biru untuk mengambil gambar kalau ingin mengambil video tekan lebih lama. Untuk aduan tersebut, foto yang diambil bersifat real time atau saat itu juga. Anda tidak bisa mengambil gambar dari gallery handphone Anda. Setelah gambar diambil, kemudian klik tanda checklist dan pilih salah satu kategori terkait laporan Anda, misalnya Anda mengambil gambar sampah maka Anda pilih kategori sampah agar laporan tersebut sesuai. Selanjutnya, Anda masukkan judul laporan, penjelasan mengenai laporan, dan tekan tanda panah untuk mengirim laporan tersebut.

 


Gambar 4. Cara Memantau Laporan

Setelah laporan dikirim, Anda dapat memantau perkembangan laporan tersebut. Ada tiga indikator sebagai penanda proses laporan. Pertama, merah yaitu laporan sudah masuk dan masih menunggu untuk diproses. Kedua, kuning yaitu laporan sedang diproses. Ketiga, hijau yaitu laporan sudah diselesaikan. Anda dapat klik indikator kuning untuk melihat detail laporan yang sedang diproses dan klik indikator hijau untuk melihat detail penyelesaian laporan.

Dengan adanya Qlue ini, Anda bukan hanya sekedar melapor tetapi juga dapat memantau perkembangan dari laporan Anda, apakah sudah terselesaikan atau belum. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Koridor 13 untuk Transportasi Umum yang Lebih Cepat dan Terjangkau

Sesuai dengan slogannya “Smart Mobility for Smart City”, PT Transportasi Jakarta bersama Pemprov DKI Jakarta kembali meluncurkan layanan untuk mendukung transportasi umum yang lebih baik ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City