Perpanjangan Masa Uji Coba OK-OTrip

JSC | 1 year ago

Masa uji coba OK-OTrip diperpanjang selama tiga bulan hingga Juli 2018 mendatang. Awalnya, rencana masa uji coba program tersebut adalah tiga bulan mulai dari 15 Januari hingga 15 April 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT Transjakarta.  "Ini memberikan keuntungan bagi seluruh pemangku kepentingan. Pengeluaran transportasi umum terpangkas, angkutan umum memfokuskan pelayanan. Ini menjadi budaya baru,” ujarnya pada Minggu (16/4). Menurutnya, perpanjangan masa uji coba tersebut akan digunakan untuk sosialisasi program tersebut pada angkutan umum dan masyarakat.

OK-OTrip juga belum diberlakukan karena Pemprov DKI Jakarta masih menunggu persetujuan dari Bank Indonesia terkait sistem pembayaran yang akan diterapkan. Hal ini diungkapkkan sebelumnya oleh Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko. Selain itu, sistem tapping yang digunakan juga masih disempurnakan.

Walaupun demikian, OK-OTrip masihlah diminati warga Jakarta pada masa uji coba sebelumnya. Tercatat dari 15 Januari hingga 15 April 2018, pengguna OK-OTrip diklaim telah mencapai 300 ribu orang. Sementara lebih dari 20 ribu kartu OK-OTrip telah terjual. Kartu OK-OTrip dapat diperoleh di halte Transjakarta dengan harga Rp40,000 dan akan mendapatkan saldo awal sebesar Rp20,000. Selama masa uji coba OK-OTrip, masyarakat yang menggunakan kartu tersebut tidak dikenakan alias gratis saat tap in di angkot namun saldo tetap terpotong sebesar Rp3500 saat tap in di halte Transjakarta.

Terdapat lima rute yang dilalui selama masa uji coba, yakni Kampung Melayu-Duren Sawit, Lebak Bulus-Pondok Labu, Grogol-Angke, Semper-Rorotan, dan Kampung Rambutan-Pondok Gede.

Diharapkan dengan adanya masa perpanjangan uji coba ini, OK-OTrip akan semakin maksimal dalam memberikan pelayanannya pada saat beroperasi penuh nanti. Sehingga lebih banyak masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum dan menerapkan smart mobility bersama.

Artikel lainnya

Rumah Susun dan Normalisasi Ciliwung

Rumah susun atau rusun merupakan solusi perumahan ibu kota yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar warga mendapatkan tempat tinggal yang layak huni. Pembangunan rusun saat ini juga ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City