Fasilitas MRT Jakarta Berstandar Internasional

JSC | 4 months ago

Sistem transportasi yang memiliki fasilitas lengkap dengan kualitas baik akan menunjang masyarakat untuk melakukan mobilisasi secara lancar. Begitu pula MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta yang fasilitasnya berstandar internasional yang tentunya mendukung indikator smart mobility.

Kereta MRT produksi Nippon Sharyo dari Jepang atau disebut juga Rolling Stock ini memiliki dimensi panjang 20 meter, lebar 29 meter, serta tinggi 3,9 meter. Beratnya sekitar 31-35 ton tanpa penumpang. Warna kereta tersebut didominasi oleh biru dan abu-abu metalik serta berbahan baja anti karat.

Untuk bagian interiornya, fasilitas tersebut mencakup penyejuk ruangan, Closed Circuit Television (CCTV), hand straps, layar informasi di setiap pintu kereta, denah rute evakuasi,  Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta interkom. Kursinya terbuat dari bahan fiber reinforced plastic (FRP) yang tahan lama serta nyaman digunakan. Terdapat pula kursi prioritas dalam masing-masing rangkaian. Kursi prioritas tersebut berwarna biru gelap yang dibedakan dengan kursi reguler yang berwarna biru muda. Rangkaian ketiga dan keempat dalam setiap set memiliki spasi khusus untuk kursi roda dan dilengkapi dengan tempat untuk tas.

Rencana fasilitas di dalam stasiun di antaranya ruang pertolongan pertama, ruang menyusui, toilet umum, tempat duduk, station front office untuk layanan penumpang (customer services), ticket sales office (TOM), public announcement, serta tactile untuk penyandang disabilitas. Setiap stasiun juga akan dilengkapi dengan fasilitas eskalator, elevator, dan tangga sebagai variasi akses yang dapat digunakan penumpang. Adapun elevator atau lift diprioritaskan bagi orang tua, ibu hamil, dan penyandang disabilitas. Tersedia pula gerai komersial yang akan menyediakan berbagai kebutuhan penumpang.

Desain dari setiap stasiun akan berbeda sesuai dengan lokasi penempatannya. Misalnya, stasiun Bundaran HI (Hotel Indonesia) yang desainnya bernafaskan gaya hidup internasional karena lokasinya yang berada di area hotel internasional, kantor kedutaan, pusat perbelanjaan, dan tentunya Bundaran Hotel Indonesia itu sendiri. Untuk Anda yang tidak bisa lepas dari koneksi internet tidak perlu khawatir karena jaringan akan tetap stabil walaupun berada hingga 20 meter di bawah tanah.

MRT merupakan proyek yang dinanti. Kehadirannya kelak diharapkan dapat membantu mengurangi salah satu masalah terbesar ibu kota, yakni kemacetan.

Artikel lainnya

17 Rute Baru Transjakarta Mempercepat Perjalanan Anda

Beberapa rute reguler kini sudah melebur dengan  layanan Transjakarta. Sebagian pelanggan Transjakarta yang selama ini harus pindah ke angkutan lain untuk sampai ke tempat tujuan, kini tidak ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City