Underpass Mampang Kuningan Dibuka Hari Ini

JSC | 7 months ago

Setelah uji coba underpass Matraman pada Selasa (10/4) kemarin, hari ini diberlakukan uji coba underpass Mampang Kuningan. Kendaraan dari Jalan Rasuna Said menuju Jalan Mampang Prapatan atau sebaliknya dapat menggunakan underpass ini dan tidak perlu melewati lampu merah persimpangan Mampang sehingga mengurangi macet di daerah tersebut.

Dibangun dari tahun 2016, underpass ini ditargetkan akan rampung pada akhir 2017. Akan tetapi, karena beberapa kendala, pengerjaannya baru dapat diselesaikan pada awal April 2018. Untuk anggaran proyek diperkirakan sebesar Rp 200 miliar.

Underpass Mampang Kuningan memiliki panjang kurang lebih 850 meter dengan lebar 14 meter. Infrastruktur ini juga dilengkapi dengan empat unit pompa utama dan dua unit pompa penguras untuk sistem resapan airnya. Selain itu underpass ini juga mendukung operasi bus Transjakarta di koridor 6 dan 9.

Pada masa uji coba, rekayasa lalu lintas di beberapa kawasan juga diberlakukan. Untuk menghindari kebingungan pengendara dan mengurangi kemacetan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggencarkan sosialisasi. Lebih dari itu, belasan petugas pun akan diturunkan untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan pengarahan.

"Diharapkan kepada para pengguna jalan, dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Andri Yansah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Harapannya, kehadiran underpass Mampang Kuningan ini dapat merealisasikan indikator smart mobility. Namun tentu saja hal tersebut tidak dapat terwujud tanpa dukungan dan partisipasi warga Jakarta.

Artikel lainnya

Memperbaiki Kualitas Udara Jakarta dengan Uji Emisi Gratis

Merasa kualitas udara Ibu Kota makin tidak sehat? Sebagai warga, kita bisa ikut membantu pemerintah menangani masalah polusi udara dengan memperhatikan kondisi emisi gas buang kendaraan yang dimiliki. ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City