Tibanya Dua Rangkaian Kereta MRT dan Pembangunan Yang Semakin Rampung

JSC | 4 months ago

Pada Rabu (4/4/18) pagi hari kemarin, dua rangkaian kereta Mass Rapid Transit atau yang disingkat MRT telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok. Rangkaian yang diangkut oleh kapal kargo tersebut masing-masing terdiri dari 12 gerbong kereta.

Proses distribusi rangkaian tersebut melalui berbagai tahap. Sejak Februari 2018 serangkaian uji coba dan simulasi dilakukan agar pengiriman berjalan lancar. Selanjutnya, kereta akan diturunkan dari kargo pada hari ini, Kamis (5/4/2018) untuk dikirimkan ke Depo Lebak Bulus menggunakan multi-axle trailer.

Jumlah rangkaian yang akan disediakan PT MRT Jakarta pada fase satu adalah sebanyak 16 buah. 14 rangkaian berikutnya direncanakan akan dikirim pada rentang waktu Juni sampai Oktober, sehingga uji coba tanpa penumpang dapat dilaksanakan pada akhir tahun ini. Apabila tidak ada rintangan, MRT akan beroperasi pada Maret 2019.

Sementara itu, pembangunan infrastuktur MRT sendiri terus mengalami peningkatan. Terhitung sampai 28 Maret 2018 progresnya mencapai 92,50 %. Termasuk dari progres tersebut adalah pembangunan stasiun bawah tanah (underground) dan stasiun layang (elevated).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, merasa optimis terhadap proyek ini. "Ketersediaan infrastruktur transportasi yang baik berperan penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Ini akan menjadi lembaran baru," ungkapnya pada acara Indonesia Railway Conference (IRC) 2018.

Dengan slogan “Increasing Mobility, Improving Life Quality,” kehadiran MRT berupaya memberikan solusi kemacetan Jakarta dengan mempermudah dan memperbanyak akses transportasi umum. Harapannya, masyarakat akan beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke moda-moda transportasi yang disediakan pemerintah demi tercapainya smart mobility.

Artikel lainnya

Inovasi Layanan Publik melalui PTSP Goes to Mall

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) DKI Jakarta kembali berinovasi dengan membuka layanan di beberapa pusat perbelanjaan Ibu Kota. Layanan bertajuk PTSP Goes to Mall ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City