Tidak Ada Rambu “Dilarang Parkir,” Parkir Sembarangan Tetap Tidak Diperbolehkan

JSC | 4 months ago

Parkir sembarangan dapat menyebabkan kemacetan terutama di ruas jalan yang sempit dan padat. Melakukannya di trotoar juga menyebabkan hilangnya kenyamanan para pejalan kaki yang ingin menggunakan haknya. Padahal trotoar yang memadai dan digunakan sebagai sarana alternatif transportasi pribadi merupakan salah satu indikator smart city.

Faktanya, memarkirkan kendaraan di sembarang jalan di ibukota, bahkan tanpa rambu larangan parkir, tetap tidak diperbolehkan. Parkir hanya diizinkan di tempat parkir yang tersedia atau jalan yang memiliki tanda atau rambu yang memperbolehkan parkir.

Hal ini berdasakan Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 5 Tahun 2014 tentang Transportasi Pasal 38 ayat 2 yang berbunyi:

(2) Setiap pemilik dan/atau Pengemudi Kendaraan dilarang Parkir di ruang milik Jalan yang tidak terdapat Marka Parkir dan/atau Rambu Parkir.

Apabila ada masyarakat yang melanggar, Dishub akan melakukan tindakan berupa penguncian ban, penderekan, atau pencabutan pentil ban. Peraturan tersebut tercantum di perda yang sama pasal 62.

Perda tentang Transportasi yang telah disebutkan mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Selain itu pelaku yang mobilnya diderek dikenakan biaya retribusi hingga Rp500 ribu. Pada bulan Februari 2018 saja, setidaknya terkumpul Rp163,5 juta dari retribusi 327 unit mobil yang diparkirkan secara liar di Jakarta Selatan. Lokasi penderekan mobil-mobil tersebut di antaranya di Jalan MT Haryono, Jalan TB Simatupang, Jalan Widiya Chandra, Lenteng Agung, dan Jalan Minangkabau. Petugas Dishub akan menindak siapapun yang terbukti bersalah tanpa pandang bulu.

Oleh karena itu, mari wujudkan indikator smart mobility dengan memarkirkan mobil di tempat yang semestinya agar Jakarta menjadi tempat yang semakin tertib, nyaman berkendara, dan aman berjalan kaki di trotoar.

Artikel lainnya

Smart Pasar, Pemanfaatan Teknologi Digital di Pasar Tradisional

Perkembangan teknologi digital sudah tidak terelakkan di era modern ini. Teknologi digital telah diterapkan dalam berbagai macam aktivitas seperti jual beli, transportasi, kesehatan, pendidikan, dan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City