Layanan Samsat Digital untuk Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

JSC | 29 days ago

Sistem pelayanan pemerintah berbasis digital semakin banyak diterapkan guna mencapai indikator smart government. Masyarakat menjadi semakin mudah dalam melakukan berbagai urusan yang berkaitan dengan instansi pemerintah. Salah satunya adalah kehadiran e-Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor.

e-Samsat Jakarta diresmikan di Halaman Polda Metro Jaya pada Senin (26/3). Peluncuran tersebut adalah hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI bersama dengan Polda Metro Jaya. Anies Baswedan, Gubenur Jakarta yang turut menghadiri peresmian tersebut, menyatakan bahwa kebijakan ini merupakan sebuah terobosan untuk lebih memberikan kemudahan kepada masayarakat dalam melaksanakan kewajibannya yang berkaitan dengan kendaraan.

Dengan layanan ini, masyarakat dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara lebih mudah dengan proses non-tunai. Para wajib pajak memang masih diharuskan datang ke kantor samsat terdekat dengan membawa STNK dan KTP. Namun pengisian nomor polisi tidak perlu lagi dilakukan secara manual melainkan lewat e-form. Akan tercetak formulir dan nomor antrean untuk pembayaran. Setelah itu pemilik kendaraan melakukan verifikasi data di loket pendaftaran. Terakhir, wajib pajak hanya tinggal mendatangi loket non-tunai untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, bagi pemilik kendaraan mewah, akan diluncurkan VIP member dengan skema petugas yang menjemput bola ke alamat wajib pajak untuk menagih pajak. Hal ini dimaksudkan agar pemilik kendaraan tidak lalai pajak dan menunaikan kewajibannya dalam membayar pajak.

Layanan ini baru diterapkan di Jakarta Selatan saat peluncurannya, dan untuk ke depannya akan terus dikembangkan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penggunaan fasilitas e-Samsat ini, pemerintah melakukan evaluasi berkala. Mari bayar pajak segera untuk membantu mewujudkan ibu kota menjadi smart city.

Artikel lainnya

Menguak Fungsi dan Estetika Simpang Susun Semanggi

Pembangunan Simpang Susun Semanggi kini pengerjaan sudah mencapai sekitar 94 persen. Infrastruktur yang akan segera rampung ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan Ibu Kota. Hal tersebut disampaikan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City