Berbagai Informasi Jakarta, Kini Ada di Jakarta Smart City

JSC | 3 years ago

Berbagai permasalahan memang masih mengelilingi Ibu Kota DKI Jakarta, namun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu berusaha untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Pada tanggal 15 Desember 2014, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Jakarta Smart City.

Keberadaan program Jakarta Smart City diharapkan akan mempermudah Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan informasi kondisi Jakarta ke masyarakat dan  mempermudah kinerja aparat Pemprov DKI agar cepat merespons keluhan dari warga. Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov DKI juga membentuk Unit Pengelola Jakarta Smart City yang bertujuan untuk mewujudkan Jakarta Baru yang informatif dan transparan serta mendukung kolaborasi melalui pemanfaatan teknologi untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik.

Warga dapat mengakses portal smartcity.jakarta.go.id baik di desktop maupun di handphone. Portal tersebut terintegrasi dengan aplikasi sosial media pengaduan warga Jakarta, seperti e-mail dki@jakarta.go.id, Twitter @dkijakarta, Facebook Pemprov DKI Jakarta, balai warga di website www.jakarta.go.id, petajakarta.org, Lapor! 1708, dan Google Waze. Laporan warga melalui aplikasi QLUE juga terintegrasi ke portal smartcity.jakarta.go.id. QLUE merupakan media sosial yang memiliki sarana penyampaian aspirasi pengaduan secara real time. Semua laporan melalui aplikasi QLUE langsung terkoneksi ke aplikasi Cepat Respons Opini Publik (CROP) yang dimiliki aparat Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, berbagai data juga dapat diakses di portal smartcity.jakarta.go.id dengan berbasis pemetaan seperti tracking busway, peta ekoregion, data kependudukan, data penyakit, perencanaan kota, lokasi rumah sakit, puskesmas, sekolah, pos polisi, pusat perbelanjaan, gedung pemda, dan sebagainya. Warga Jakarta juga dapat melihat keadaan Jakarta melalui CCTV yang terintegrasi dengan pintu air, jalan raya, dan lainnya.

Berikut perkembangan Jakarta Smart City hingga saat ini:

Jakarta Smart City yang baru berusia 1 tahun ini telah banyak berkolaborasi dengan berbagai startup dalam membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat diantaranya qlue untuk pengaduan masyarakat, qraved (aplikasi kuliner PKL), ijakarta sebagai perpustakaan digital, ragunan zoo, dan ruangguru.com. Jakarta Smart City Portal dan berbagai aplikasi tersebut dapat di download melalui Play Store Android dan Apps Store IOS.

Warga Jakarta juga dapat mengunjungi ruang operasional Jakarta Smart City yaitu JSCLounge yang telah diresmikan sejak 28 Desember 2015. (jsc-sy)

Artikel lainnya

Rute Baru Tanpa Transit, Perjalanan Menjadi Lebih Cepat

Untuk peningkatan layanan kepada pelanggan, Transjakarta membuka rute-rute langsung. Dengan rute langsung ini akan mempercepat waktu perjalanan pelanggan Transjakarta. Karena tidak berpindah koridor ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City