Memperluas Pasar dengan Penjualan Online Produk Pertanian Perkotaan

JSC | 8 months ago

Produksi sayuran identik dengan daerah-daerah pedesaan, dengan lahan pertanian yang masih luas. Siapa sangka, Jakarta yang terkenal dengan kota sibuk dengan jumlah penduduk yang padat, ternyata juga memiliki kemampuan produksi sayuran. Data yang dikutip dari Desain Besar Pertanian Perkotaan 2018 - 2030 menunjukkan bahwa produksi sayuran di DKI Jakarta mengalami peningkatan, terutama pada 2015.

Peningkatan produksi  yang  cukup  besar ini disebabkan  oleh  meningkatnya  luas  lahan  sayuran  dan tingkat produktivitasnya. Pertanian perkotaan atau urban farming di Jakarta tak lagi berbasis lahan, namun berbasis ruang. Misalnya dengan melakukan pertanian vertikal, memanfaatkan dinding bangunan, atap rumah, dan lahan sempit di tepi jalan.

Berita baik ini, mendorong Jakarta untuk mengembangkan pula sistem pemasaran produk pertanian perkotaan. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bersama Jakarta Smart City, baru-baru ini bekerja sama untuk mengadakan kegiatan lokakarya bagi puluhan pelaku usaha di bidang pertanian dan produk olahannya. Lokakarya tersebut diikuti oleh 21 pelaku usaha di bidang sayuran dan buah-buahan, serta  35 pelaku usaha di bidang produk olahan hasil pertanian perkotaan.

Selain dibekali pengetahuan untuk mengembangkan produk hasil pertanian perkotaannya, mereka akan dibina untuk memasarkan produknya secara online. Cara ini diyakini tak hanya membantu meningkatkan penjualan para petani urban. Akan tetapi, juga akan mempermudah warga Jakarta untuk memperoleh suplai bahan pangan yang lebih segar. Produk lokal juga bisa dijual dengan harga yang kompetitif. Tanpa biaya transportasi yang mahal dari luar kota, produk pertanian perkotaan diharapkan bisa menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

Artikel lainnya

Monitoring Room Jakarta Smart City Lounge, Memantau Seluruh Jakarta

Penerapan konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat lebih baik telah dilakukan Unit Pengelola (UP) Jakarta Smart City (JSC) sejak akhir tahun ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City