Manfaat dan Tujuan Pembayaran Non Tunai ala OK-OTRIP

JSC | 10 months ago

Uji coba OK-OTRIP sedang dilakukan. Fase awal integrasi transportasi massal di Ibu Kota ini rencananya akan berlangsung hingga 15 April 2018. Sehari setelah peluncuran masa uji coba OK-OTRIP, 16 Januari 2018 lalu, sudah 3 ribu hingga 4 ribu kartu OK OTRIP terjual. Selama masa uji coba, penjualan kartu OK-OTRIP ditargetkan mencapai angka 20.000. Penggunaan kartu sebagai alat pembayaran ini, menegaskan kembali komitmen Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan cashless society.

One Person One Ticket

Kebijakan one man one ticket untuk pengguna OK-OTRIP mendukung pengumpulan data yang lebih detail dan valid. Satu tiket hanya diperuntukkan bagi satu orang atau tidak dapat digunakan secara bergantian dengan orang lain. Baik untuk tap in dan tap out. Kartu ini juga telah dilengkapi dengan data diri pemilik kartu. Sehingga tidak bisa dipinjamkan pada orang lain saat tidak digunakan.

Alat Pengumpul Data

Pembayaran menggunakan kartu OK-OTRIP diharapkan memberikan tambahan manfaat sebagai pengumpulan data otomatis. Terutama sebagai sumber data penggunaan transportasi umum di Jakarta. Data yang dikumpulkan secara otomatis oleh sistem, berguna untuk memperlajari pergerakan penumpang. Dengan demikian, data jumlah pengguna transportasi umum, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu armada, serta pola transit akan bisa didapatkan oleh pemerintah.

Perbaikan Transportasi Umum

Data tersebut merupakan amunisi penting untuk melakukan perbaikan dan pengembangan sistem transportasi umum. Jika terjadi kecenderungan penumpukan penumpang di suatu area pada waktu-waktu tertetu, maka pengelola transportasi umum akan mengalokasikan armada lebih banyak. Begitu pula jika terdapat rute yang terdeteksi tidak efektif. Data itu dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan rute sehingga pelayanan transportasi umum Jakarta akan lebih baik.

Artikel lainnya

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Rumah Susun

​Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah fasilitas pendidikan yang disediakan untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi warga. Fasilitas yang dimaksud adalah pengadaan kelompok ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City