Partisipasi Warga untuk Jakarta Lewat E-Musrenbang

JSC | 8 months ago

Pemprov DKI Jakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta sedang mengadakan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan atau yang kerap disebut Musrenbang. Sistem elektronik telah diterapkan untuk forum musyawarah tahunan ini. E-Musrenbang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta sejak 2015  untuk merumuskan Rencana Pembangunan Tahunan Daerah yang juga disebut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ini.

E-Musrenbang merupakan bentuk transparansi rencana pembangunan Jakarta. Tak hanya menginformasikan program-program yang diusulkan melalui rembug RW, e-Musrenbang milik Pemprov DKI Jakarta juga memungkinkan warga Jakarta untuk mengajukan usulan langsung. Dengan demikian, setiap orang bisa menyalurkan aspirasinya dan berkesempatan untuk mendapatkan porsi anggaran dalam RKPD.

Tahun 2018 ini, situs e-Musrenbang memiliki tampilan baru untuk memudahkan pengaksesnya. Selain itu, tersedia pula aplikasi e-Musrenbang bernama planJKT yang bisa diunduh gratis melalui Google Play dan App Store. Usulan dari forum rembug RW maupun usulan langsung, bisa diakses baik melalui situs maupun aplikasi tersebut. Kedua platform tersebut juga bisa digunakan jika kita ingin mengajukan usulan langsung.

Caranya adalah dengan mengakses situs musrenbang.jakarta.go.id. Kemudian, pilih menu “Usulan Langsung” pada halaman utama. Jika menggunakan aplikasi planJKT, usulan langsung bisa dilakukan melalui menu bertanda plus di bagian tengah atas tampilan home.

Untuk mengajukan usulan langsung secara online, kita tidak perlu melakukan login atau bisa dilakukan tanpa membuat akun. Caranya mudah, cukup mengisi formulir dan melengkapi data-data yang diperlukan. Usulan yang telah dibuat, bisa di-tracking melalui situs, dengan memasukkan nomor usulan atau dengan memindai QR code dari usulan langsung tersebut. Jadi, jangan ragu untuk ikut mengusulkan program, pengadaan fasilitas, atau perbaikan fasilitas publik lewat e-Musrenbang untuk Jakarta yang lebih baik.

Artikel lainnya

HackJak 2017: Kompetisi Pemanfaatan Open Data Jakarta

Kompetisi tahunan HackJak kembali digelar pada Jumat, 8 Desember 2017 lalu di di Balai Kota DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang membuka acara tersebut berharap para peserta HackJAK ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City