Bantuan untuk Warga Usia Lanjut melalui Kartu Lansia Jakarta

JSC | 14 days ago

Menjadi smart city artinya menjadi kota yang nyaman dan memudahkan hidup warganya. Salah satu cara mencapai visi tersebut adalah dengan mewujudkan indikator smart living agar warga memiliki hidup berkualitas. Program Kartu Lansia adalah salah satu bentuk nyatanya. Kartu Lansia Jakarta (KLJ) merupakan program pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga lanjut usia dari Pemprov DKI Jakarta. Mereka yang telah memenuhi kriteria dan persyaratan, akan memperoleh bantuan sebesar Rp600.000 setiap bulan.

Persyaratan utama untuk memperoleh bantuan melalui KLJ adalah warga berusia 60 tahun ke atas. Selain itu, mereka juga harus dalam kondisi status sosial ekonomi terendah dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu. Bagi lansia yang identitasnya tidak terdaftar dalam Basis Data Terpadu, namun memenuhi syarat sebagai penerima manfaat KLJ, maka bisa diusulkan melalui proses Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) di kelurahan setempat.

Lansia yang tidak memiliki penghasilan tetap atau penghasilannya sangat kecil sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, sehingga hidupnya sangat bergantung kepada orang lain merupakan sasaran utama KLJ. Tak hanya itu, lansia yang sakit menahun dan hanya bisa terbaring di tempat tidur, termasuk golongan yang berhak atas bantuan ini. Pemprov DKI juga menyasar warga usia lanjut yang terlantar secara psikis dan sosial.

Pada 2018 ini, KLJ akan diberikan untuk 14.520 warga lansia. Untuk memastikan program berjalan maksimal, Dinas Sosial DKI Jakarta akan melakukan fungsi pengawasan. Pihak-pihak terkait akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berjenjang dan berkala setiap tiga bulan.

Artikel lainnya

Layanan Ambulans Gawat Darurat Gratis Bagi Warga DKI Jakarta

Untuk masalah keselamatan warganya, Pemprov DKI Jakarta yang telah menerapkan konsep smart city berusaha meningkatkan layanan gawat darurat melalui layanan 112. Salah satu bentuk layanan yang bisa ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City