Pemasangan Perangkat GPS untuk Aset Pemprov DKI

JSC | 11 months ago

Pemprov DKI Jakarta berupaya memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang efektif dan profesional. Salah satunya adalah dengan pemasangan perangkat Global Positioning System (GPS) pada kendaraan aset Pemprov. Yang terbaru yaitu pemasangan alat GPS pada 56 mobil pemadam milik Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara.

Pemasangan GPS di mobil pemadam tersebut dilakukan untuk mempercepat respon petugas saat terjadi kebakaran. Selain itu, dengan adanya perangkat GPS, lokasi mobil pemadam akan mudah diketahui. Maka, penanganan kejadian kebakaran bisa lebih efektif karena melibatkan unit mobil pemadam yang terdekat dengan tempat kejadian.

Sebelumnya, perangkat GPS juga telah terpasang di truk sampah milik Pemprov DKI Jakarta. Tujuannya untuk memantau lokasi truk pengangkut sampah tersebut, sekaligus mengetahui rute yang dilaluinya. Dengan demikian, penyalahgunaan kendaraan dapat dikontrol. Selain itu, pemerintah dapat melakukan manajemen rute agar proses pengangkutan sampah lebih efisien berdasarkan data rute tracking.

Pengelola angkutan publik, PT Transportasi Jakarta juga memanfaatkan perangkat GPS untuk memantau pergerakan armadanya. Tracking bus Transjakarta berguna untuk mencatat jarak tempuh dan datanya digunakan sebagai informasi pembayaran tagihan operator. Keberadaan perangkat GPS juga memudahkan warga untuk bisa memantau pergerakan bus Transjakarta melalui aplikasi Trafi yang telah bekerja sama dengan Unit Pengelola Jakarta Smart City atau melalui portal Jakarta Smart City.

Artikel lainnya

Bus Transjakarta Rute Tangerang Telah Beroperasi

Sejak Kamis, 26 Mei 2016 armada bus Transjakarta resmi melayani penumpang hingga ke Kota Tangerang. Sebagai tahap awal, Transjakarta beroperasi di dua rute terlebih dahulu dari rencana 10 rute yang ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City