Memperbaiki Kualitas Udara Jakarta dengan Uji Emisi Gratis

JSC | 2 years ago

Merasa kualitas udara Ibu Kota makin tidak sehat? Sebagai warga, kita bisa ikut membantu pemerintah menangani masalah polusi udara dengan memperhatikan kondisi emisi gas buang kendaraan yang dimiliki. Hal ini penting dilakukan karena emisi dari proses pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor menghasilkan banyak senyawa berbahaya yang mengancam kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah nitrogen oksida (NOx), sulfur oksida (SOx), dan karbon monoksida (CO).

Selain untuk menjaga kondisi udara, uji emisi gas buang kendaraan bermotor juga berguna untuk mengetahui kondisi kendaraan. Emisi gas buang kendaraan bermotor yang sehat umumnya berada dalam kondisi normal alias tidak membahayakan. Jika terdeteksi ada kelebihan kandungan tertentu pada emisi gas buangnya, pemilik sebaiknya mengecek kondisi kendaraannya.

Untuk meningkatkan minat warga menguji emisi gas buang terutama untuk kendaraan roda empat, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar uji emisi gratis. Kegiatan tersebut akan diadakan di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat. Tepatnya di seputaran putaran patung ondel-ondel hingga putaran Masjid Raya. Rencananya, uji emisi gratis akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 17 Desember 2017 mulai pukul 07.00 sampai 15.00.

Pemilik kendaraan bermotor bisa melakukan registrasi online melalui https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc528R8IkHh9WaE1uwpVIJ4gfrm9Fg8qvLsryxQPQSCfvukIQ/viewform. Peserta yang mendaftar online akan diprioritaskan untuk mendapatkan layanan uji emisi gratis. Kegiatan ini menargetkan pengujian emisi pada 2.500 kendaraan roda empat.

Udara yang bersih jadi cerminan lingkungan yang sehat. Oleh sebab itu, Jakarta harus menjadi kota dengan tingkat polusi rendah. Selain untuk warganya, peningkatan kualitas udara di Jakarta juga menjadi perhatian pemerintah dalam rangka persiapan menghadapi Asian Games 2018. Jakarta sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Asian Games 2018, harus memiliki kualitas udara dan lingkungan yang bersih.

Artikel lainnya

DKI Jakarta, Provinsi Pertama yang Memiliki Program Open Data

Sebagai bagian dari mewujudkan Jakarta menjadi Smart City, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki portal open data (data.jakarta.go.id). Open data ini menunjukkan pemerintahan yang berani transparan ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City