Metrotrans dan Royaltrans, Dua Jenis Armada Baru Transjakarta

JSC | 8 months ago

Menggunakan angkutan umum tiap hari, akan jadi makin menyenangkan di Ibu Kota. Salah satunya karena PT Transjakarta terus melakukan inovasi untuk mendukung perkembangan sarana transportasi publik di Jakarta. Baru-baru ini, Transjakarta mulai melakukan uji coba untuk dua jenis bus baru, Metrotrans dan Royaltrans. Sebanyak empat bus Metrotrans diuji coba untuk melayani rute Bundaran Senayan-Harmoni. Bus ini mampu menampung maksimal 68 orang, dengan 41 tempat duduk.

Metrotrans juga dilengkapi dengan satu area kursi roda. Tersedia pula ram kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang difabel. Kelebihan lain yang dimiliki oleh bus Metrotrans yakni ketinggian lantai dapat disesuaikan dengan jalan untuk kenyamanan keluar masuk penumpang. Selain itu, terdapat dua pintu penumpang berlantai rendah di sisi kiri bus. Bus ini juga dilengkapi dengan dua buah televisi wide screen 29 inci, juga sebanyak 12 kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus.

Sementara itu, dua armada Royaltrans rute Poris Plawad-Bundaran Senayan dioperasi pada uji coba mulai Senin, 20 November 2017. Bus ini mampu mengangkut 43 orang dengan 30 tempat duduk. Bus Royaltrans memiliki fasilitas USB Port untuk mengisi daya baterai ponsel serta tempat botol minuman di setiap kursi penumpang. Keamanan dan kenyamanan penumpang memang menjadi perhatian utama Transjakarta. Oleh sebab itu, fasilitas yang terdapat di bus-bus Transjakarta didesain untuk mewujudkan hal itu.

Selama masa uji coba, pengguna jasa Metrotrans tidak dipungut bayaran alias gratis. Sedangkan, untuk Royaltrans dikenakan tarif Rp 3.500. Uji coba bus ini berlangsung selama satu pekan dengan jam operasional mulai pukul 05.00 sampai 22.00. Hingga saat ini, dari 300 unit bus Metrotrans yang sudah dipesan, 76 diantaranya sudah dikirim. Untuk bus Royaltrans, Transjakarta melakukan pemesanan sebanyak 100 bus dan sudah dikirim separuhnya.

Artikel lainnya

Aturan Garis Batas Antri untuk Pengguna KRL Jabodetabek

Semakin tinggi minat warga untuk menggunakan angkutan umum, semakin besar pula tanggung jawab pengelola agar penumpang merasa aman dan nyaman untuk melakukan perjalanan. Berbagai moda angkutan umum ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City