Mengelola Barang yang Dibuang lewat Bak Sampah Pilah

JSC | 2 years ago

Ribuan ton sampah yang dibuang tiap hari di Ibu Kota, akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan baik. Mulai dari masalah lingkungan hingga masalah kesehatan, bisa muncul akibat sampah. Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi dampak buruk sampah adalah dengan menyediakan bak sampah pilah.

Mengapa Bak Sampah Pilah?

Bak sampah pilah alias tempat yang terpisah untuk masing-masing jenis sampah berguna untuk pemrosesan sampah lebih lanjut. Selain itu, pemisahan sampah yang mudah membusuk dengan jenis sampah lain, berguna agar bau sampah tidak terlalu menyengat. Pemisahan sampah yang berbahaya juga penting agar tidak mencemari lingkungan atau membahayakan petugas pengangkut sampah.

Membuang di Bak Sampah Pilah

Untuk bak sampah pilah yang dibedakan menjadi tiga tempat, biasanya akan dibedakan dengan warna hijau, kuning, dan merah. Bak sampah berwarna hijau ditujukan untuk menampung jenis sampah yang mudah terurai. Misalnya daun, sisa makanan, dan bahan-bahan yang  mudah membusuk. Sampah jenis ini bisa diolah menjadi kompos.

Bak sampah kuning diperuntukkan bagi sampah yang sulit terurai seperti barang-barang berbahan plastik, kaleng, atau kertas. Sampah yang dimasukkan ke bak berwarna kuning memungkinkan untuk didaur ulang. Cara ini dianggap tepat sehingga bisa mengurangi beban lingkungan untuk mengurai sampah-sampah tersebut.

Bak sampah merah digunakan untuk menampung sampah-sampah berbahaya. Misalnya bahan-bahan kimia, pecahan kaca, bohlam lampu, atau barang-barang yang mudah meledak seperti kaleng kemasan bertekanan tinggi. Sampah jenis ini perlu dibuang di tempat terpisah agar tidak mencemari lingkungan dan membahayakan petugas yang bertugas mengelola sampah lebih lanjut.

Jadi, jangan lupa menempatkan sampah di bak yang sesuai, ya!

Artikel lainnya

Jakarta Smart City Meluncurkan Program #KAKI5JKT

Pemerintah Provinsi DKI melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (KUMKMP) dan Jakarta Smart City meluncurkan program #KAKI5JKT melalui kolaborasidengan Indorelawan serta beberapa perusahaan tech ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City