HackJAK 2017, Pemanfaatan Data Ruang Publik untuk Jakarta yang Lebih Adil dan Inklusif

JSC | 10 months ago

Apakah kamu adalah programmer, designer grafis, arsitek atau perencana kota yang peduli terhadap keberadaan ruang publik di Jakarta? Ingin agar ruang publik berupa trotoar, jembatan penyeberangan, RPTRA atau fasilitas lainnya mudah diakses dan bermanfaat bagi semua kalangan?

Kami sedang mencari inovasi-inovasi baru untuk memanfaatkan data terbuka (open data) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tentang ruang publik untuk membuat Jakarta lebih adil dan inklusif!

Pemerintah DKI Jakarta bersama Hivos dan mitra penyelenggara lainnya kembali melaksanakan HackJAK 2017 pada 8-9 Desember. Acara ini merupakan ajang kolaborasi antara pemerintah dan warga dengan para programmer dan desiner grafis untuk menggunakan data-data terbuka (open data) tentang ruang publik di Jakarta sehingga data-data tersebut dapat dimengerti dan bermanfaat bagi pengambil kebijakan dan warga pada umumnya.

Jakarta merupakan daerah dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum terbesar di Indonesia. Ruang terbuka atau fasilitas publik berupa fasum dan fasos tersebut merupakan daya dukung Jakarta yang disediakan pemerintah bagi warganya. Sebagai sarana warga dalam rangka bekerja dan beraktivitas lain, maupun sebagai ruang interaksi berbagai anggota warga di sekitar tempat tinggalnya. Keberadaan ruang terbuka yang mudah diakses oleh semua dan berfungsi dengan baik sangat vital bagi kehidupan penduduk kota. Namun demikian, masih ditemukan keberadaan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang belum adil dan inklusif bagi semua. Antara lain banyak fasilitas umum yang dirancang tidak ramah untuk disabilitas, perempuan, ibu mengandung dan lansia seperti jembatan penyeberangan, halte dan fasilitas terminal dan bus.

HackJAK 2017 dapat menyediakan solusi terhadap persoalan-persoalan pemanfaatan ruang publik di Jakarta. Diharapkan muncul inovasi dalam bentuk aplikasi, visualisasi, dan rancang bangun yang berguna baik dalam perbaikan perencanaan dan kebijakan ruang terbuka di Jakarta, maupun pemanfaatan ruang terbuka tersebut untuk kepentingan sosial dan ekonomi warga.

Kategori Lomba

  1. Hackathon: Merupakan pertemuan (match-make) antara programmer dan pemerintah untuk menghasilkan aplikasi dan sistem informasi dengan menggunakan data-data terbuka pemerintah.
  1. Visualthon: Memfasilitasi desainer grafis mengenai cara membaca dan memvisualisasikan data pemerintah ke dalam informasi grafis yang dapat dimengerti oleh publik. Para desainer akan memproduksi data visualisasi sekreatif dan sebanyak mungkin.
  1. Designathon:  Mengumpulkan para arsitek dan perencana kota untuk membuat desain berbasis data berkaitan dengan peningkatan akses dan kondisi dari ruang publik, terutama di lingkungan tempat tinggal.    

Kategori Pemenang dan Hadiah

12 peserta atau team terbaik akan berhak mendapat hadiah berikut:

Hackathon

  1. Pemenang Pertama: 10 juta rupiah + fasilitas co-working space dan beasiswa inkubasi hasil lomba.
  2. Pemenang Kedua: 7 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  3. Pemenang Ketiga: 5 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  4. Pemenang Favorit: 2 juta rupiah

Visualthon

  1. Pemenang Pertama: 10 juta rupiah + fasilitas co-working space dan beasiswa inkubasi hasil lomba.
  2. Pemenang Kedua: 7 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  3. Pemenang Ketiga: 5 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  4. Pemenang Favorit: 2 juta rupiah

Designathon

  1. Pemenang Pertama: 10 juta rupiah + fasilitas co-working space dan beasiswa inkubasi hasil lomba.
  2. Pemenang Kedua: 7 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  3. Pemenang Ketiga: 5 juta rupiah + beasiswa inkubasi hasil lomba.
  4. Pemenang Favorit: 2 juta rupiah

*Seluruh hadiah uang tunai akan dipotong pajak

Rangkaian Kegiatan

Pendaftaran : 17 November - 5 Desember 2017

Pendaftaran online dapat dilakukan melalui Google Form http://bit.ly/reghackjak17 dan akan ditutup 4 Desember pukul 24.00 WIB. Pendaftaran on the spot dapat dilakukan pada 5 Desember 2017 di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta bersamaan dengan Data Workshop dan Technical Meeting. Pendaftaran ini akan ditutup pukul 12.00 WIB.

Data Workshop dan Technical Meeting : 5 Desember 2017, 08.00 - 17.00 WIB di Ruang Pola, Balai Kota DKI Jakarta

Kegiatan ini WAJIB diikuti semua peserta dan merupakan tanda dimulainya peserta mengembangkan aplikasi dan melakukan design. Technical Meeting akan memberi penjelasan kepada peserta tentang proses teknis dan kriteria penilaian dalam #HackJAK2017. Data Workshop akan membekali peserta dengan perspektif tentang ruang publik/ruang terbuka kota dan membantu peserta memahami data-data terkait yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. Setelah Data Workshop dan Technical Meeting, peserta dipersilakan untuk memulai pengerjaan karya di mana saja, namun finalisasi dapat dilakukan pada tanggal 8-9 Desember 2017.

Seminar Publik : 8 Desember 2017, 09.00 - 12.00 di di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta

Pemprov DKI akan menyelenggarakan seminar “Pemanfaatan Data Ruang Publik untuk Jakarta yang Lebih Adil dan Inklusif. Seminar ini akan merefleksikan dan mengagendakan kebijakan Pemerintahan Terbuka (Open Government) di DKI Jakarta. Akan hadir pengamat perkotaan, praktisi dan ahli tentang keterbukaan data data pemerintah

Presentasi dan Penjurian : 8 Desember 2017, 13.00 - 21.00 dan 9 Desember 2017, 09.00 - 12.00 di Balai Kota DKI Jakarta

Setiap tim mempresentasikan hasil karyanya di depan panel juri yang terdiri dari berbagai latar belakang dan keahlian pada dua hari ini.

Awarding/Closing : 9 Desember 2017, 13.00 - 14.00 di Balai Kota DKI Jakarta

Penyerahan hadiah akan dilangsungkan pada akhir penjurian. Pemenang dari 3 kategori yang akan menerima hadiah dan penghargaan dari Pemprov DKI Jakarta.

Artikel lainnya

Solar Charging Station di Venue Asian Games 2018

Perhelatan Asian Games 2018 memanfaatkan beragam teknologi demi kelancaran event olahraga terbesar di Asia tersebut. Pemprov DKI Jakarta, yang bekerja sama dengan PT Berau Coal, menyediakan Solar ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City