Menggalakkan Pembayaran Non Tunai Lewat Kerja Sama dengan Tokopedia dan Go-Jek

JSC | 1 year ago

Jakarta menjadi salah satu kota favorit bagi perusahaan-perusaahan startup digital untuk mengembangkan usahanya. Oleh sebab itu, selain menyediakan dukungan infrastruktur, Pemprov DKI Jakarta juga giat menjalin kerja sama dengan perusahaan startup digital di Ibu Kota. Tujuannya tentu untuk memperluas layanan pemerintahan dan memudahkan warga Jakarta. Dua startup yang baru-baru ini mempererat kerja samanya dengan pemerintah Jakarta adalah Tokopedia dan Go-Jek.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah meluncurkan Laman Kota Jakarta yang khusus memuat produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Ibu Kota. Masih bersama startup e-commerce Tokopedia, kini giliran Bank DKI yang bekerja sama di bidang teknologi finansial. Salah satu produk perbankan milik Bank DKI, yakni JakOne Mobile kini bisa digunakan untuk pembayaran pembelian yang dilakukan melalui Tokopedia.

Aplikasi layanan keuangan yang terdiri dari mobile banking dan mobile wallet milik Bank DKI tersebut juga makin memperbanyak manfaatnya dengan bekerja sama dengan PT Gojek Indonesia. Go-Jek sebagai startup penyedia jasa layanan transportasi online telah menandatangani nota kesepakatan dengan Bank DKI. keduanya berkomitmen untuk saling dukung untuk menggiatkan transaksi non tunai di Jakarta.

Direktur Bisnis PT Bank DKI, Antonius Widodo Mulyono menyatakan bahwa kerja sama tersebut mencakup interoperabilitas uang elektronik, interkoneksi ekosistem pembayaran, serta perluasan kanal pembayaran pajak dan retribusi. Bank DKI menargetkan 5-10% dari pengguna aplikasi Go-Jek yang berjumlah 55 juta pengunduh untuk menggunakan aplikasi pembayaran JakOne Mobile.

Untuk mencapai target tersebut, Bank DKI dan Go-Jek akan saling berbagi fitur dalam aplikasinya. Misalnya, pengisian atau top up saldo Go-Pay bisa dilakukan dari aplikasi JakOne Mobile dan sebaliknya. Selain iitu, fitur-fitur tambahan yang bisa menguntungkan kedua belah pihak juga akan terus dikembangkan oleh Bank DKI dan Go-Jek. Inovasi-inovasi tersebut diharapkan mampu mewujudkan cashless society di Jakarta dan memudahkan hidup warga Ibu Kota.

Artikel lainnya

Paviliun Pemprov DKI Jakarta, Menjalin Sinergi dengan Warga Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempertontonkan perkembangan Jakarta baru dan inisiatif Jakarta Smart City kepada pengunjung Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini. Pada paviliun seluas 2000 meter ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City