Waze License Plate, Fitur Baru untuk Berkendara Lebih Nyaman dan Bebas Macet di Ibu Kota

JSC | 1 year ago

Salah satu kebijakan lalu lintas yang diterapkan di beberapa jalan Jakarta adalah pembatasan kendaraan dengan implementasi sistem ganjil genap. Kendaraan dengan angka terakhir pelat nomor ganjil diizinkan untuk melewati ruas-ruas jalan tersebut saat tanggal ganjil, begitu pula sebaliknya. Meski peraturan ini telah disosialisasikan sejak lama, masih ada saja pengendara yang melanggar atau lupa dengan lokasi-lokasi yang menjadi area pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap.

Untungnya, aplikasi navigasi Waze yang merupakan salah satu partner dari Jakarta Smart City memiliki fitur baru, Waze License Plate. Fitur yang sebelumnya telah diaplikasikan untuk pengguna aplikasi di Brazil ini, kini bisa dinikmati di Jakarta. Waze resmi meluncurkan fitur navigasi terbaru yang telah dilengkapi dengan implementasi sistem ganjil genap pada ruas jalan Ibu Kota.

Untuk memastikan fitur ini bekerja, kita bisa mengaturnya melalui menu "Setting", kemudian " Navigation", lalu memilih opsi "License Plate". Masukkan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan yang digunakan. Waze akan menyesuaikan rute yang bisa kita tempuh sesuai dengan pembatasan kendaraan berdasarkan implementasi sistem ganjil genap.

Navigasi dengan fitur khusus tersebut juga sudah dilengkapi pengaturan untuk mengetahui implementasi sistem ganjil genap yang hanya aktif pada jam sibuk di hari kerja, yakni pukul 07:00 – 10:00 dan 16:00 – 20:00. Waze juga memastikan pengaturan untuk mengenali pengecualian implementasi pembatasan ganjil genap pada hari libur nasional.

Selain itu, berkat kerja keras dari Waze dan data dari Pemprov DKI Jakarta, terutama dari Dinas Perhubungan dan Jakarta Smart City, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur untuk menghindari lokasi-lokasi jalan yang mengalami konstruksi dan tidak bersinyal. Waze juga sudah menambahkan lokasi parkir offstreet yang tersedia di dekat lokasi tujuan pengguna seperti parkir offstreet IRTI Monas dan Thamrin 10.

Artikel lainnya

Sistem Transportasi yang Membuat Kota-kota di Dunia Ini Dinobatkan sebagai Smart City

Penduduk perkotaan yang cenderung memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, tentu membutuhkan sistem transportasi yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, smart mobility menjadi salah ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City