Penataan Ulang Jalur Pedestrian Sudirman-Thamrin

JSC | 2 years ago

Penataan ulang jalur pedestrian sedang digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Salah satu jalur yang menjadi sasaran penataan ini adalah sepanjang Jalan Sudirman–Thamrin. Pedestrian sepanjang kurang lebih 6,6 kilometer ini akan diperbaiki, mulai dari area Patung Pemuda Senayan sampai ke Patung Arjuna Wiwaha.

Ada 10 langkah yang akan dilakukan untuk menata ulang jalur pedestrian Sudirman-Thamrin. Langkah pertama adalah memperbanyak pohon di sepanjang trotoar. Jika sebelumnya ada 1.670 pohon yang menaungi jalur pedestrian tersebut, maka kini jumlahnya akan bertambah menjadi 1.950 pohon. Begitu pula dengan lebar trotoar yang sebelumnya bervariasi antara 1,5–5 meter, akan dilebarkan hingga menjadi maksimal 12 meter.

Untuk memaksimalkan lebar trotoar, pagar pembatas gedung di sekitar jalur pedestrian tersebut akan dihilangkan dan membatasi akses keluar dan masuk gedung sepanjang Sudirman-Thamrin. Trotoar tersebut juga akan dilengkapi dengan tempat parkir, dengan pengawasan CCTV, akses bagi penyandang disabilitas, penerangan jalan yang memadai dengan LED, dan rambu-rambu lalu lintas. Akan dilakukan pula penataan pedagang kaki lima sehingga pengguna trotoar dapat menikmati makanan atau kemudahan jual-beli dari PKL yang sudah tertata dengan baik di beberapa titik sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Trotoar menjadi perhatian Pemprov DKI karena jalur pedestrian ini akan mendukung indikator smart mobility. Dengan kondisi trotoar di Jakarta yang semakin baik, diharapkan semakin banyak pula warga yang mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum yang ditunjang dengan berjalan kaki dalam aktivitas sehari-hari.

Artikel lainnya

Peluncuran Maskot dan Aplikasi MRT-J

Mass Rapid Trasit atau MRT memang direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 mendatang, namun berbagai persiapan sudah dilakukan. Bukan hanya melengkapi sarana dan prasarana fisik, PT MRT Jakarta ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City