Menjaga Ruang Terbuka Hijau untuk Keseimbangan Lingkungan Perkotaan

JSC | 1 year ago

Di tengah padatnya aktivitas manusia di wilayah perkotaan, termasuk di Jakarta, keberadaan makhluk hidup selain manusia penting untuk juga diperhatikan. Agar lingkungan tetap nyaman dan sehat, aman dari ancaman polusi dan pemanasan global, tumbuhan adalah komponen lingkungan yang keberadaannya sangat penting. Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan beberapa area sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH). Istilah RTH mewakili suatu area dengan komponen dominan berupa vegetasi atau tumbuhan.

Ruang Terbuka Hijau diwujudkan dalam berbagai bentuk, misalnya taman kota, hutan kota, lapangan olahraga, dan jalur hijau. Undang-undang mengamanatkan paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota harus merupakan Ruang Terbuka Hijau yang dapat diwujudkan menjadi area mengelompok maupun area memanjang (jalur hijau). Sejumlah RTH di Jakarta bisa diketahui lokasinya melalui portal Jakarta Smart City dan bisa diakses melalui smartcity.jakarta.go.id/maps.

Selain menggiatkan penambahan Ruang terbuka Hijau, Pemprov DKI Jakarta juga menjaga kelestarian area tersebut dengan memperketat aturan tentang penebangan pohon. Untuk menebang pohon, warga harus mengajukan izin ke Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Prosedur yang harus ditempuh pemohon juga mensyaratkan kelengkapan surat dari kelurahan atau kecamatan.

Permohonan izin warga akan diteruskan dari PTSP ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Lalu, tim ahli pertamanan akan berunding dan memutuskan terkait pemberian izin penebangan pohon. Tanpa melewati prosedur tersebut, warga akan terkena sanksi berupa kewajiban membayar denda. Seperti kasus yang menimpa salah seorang warga Jalan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur yang diwajibkan membayar denda Rp 25 juta karena menebang dua pohon yang berada di jalur hijau.Sehingga Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan tindakan tersebut melanggar Perda DKI Jakarta Nomor 8 tahun 2007, Pasal 12  tentang Ketertiban Umum.

Artikel lainnya

Meninjau Park and Ride di Jakarta

Salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan di ibu kota adalah dengan mengurangi jumlah kendaraan. Pemprov DKI Jakarta telah berupaya menyediakan berbagai moda transportasi agar masyarakat dapat ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City