Layanan Ambulans Gawat Darurat Gratis Bagi Warga DKI Jakarta

JSC | 3 months ago

Untuk masalah keselamatan warganya, Pemprov DKI Jakarta yang telah menerapkan konsep smart city berusaha meningkatkan layanan gawat darurat melalui layanan 112. Salah satu bentuk layanan yang bisa diakses dengan menghubungi nomor 112 adalah ambulans gawat darurat. Layanan yang dikelola oleh Dinas Kesehatan DKI  Jakarta  ini disahkan dengan Peraturan Gubernur Nomor  144  Tahun  2010. Setiap bulan, layanan ambulans gawat darurat rata-rata melakukan 1.600 evakuasi pasien dari rumah ke rumah sakit, dari rumah sakit ke rumah, maupun antar rumah sakit.

Warga DKI Jakarta dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan gratis. Biaya operasional layanan tersebut ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta. Dokumen yang dibutuhkan juga tidak memberatkan, cukup dengan KTP DKI Jakarta. Jika tidak memiliki KTP DKI, warga bisa menggunakan Kartu Keluarga (KK) dan surat keterangan domisili dari pengurus RT/RW setempat.

Sekitar 60 unit ambulans disiagakan untuk layanan tersebut. Meski tidak berbayar, layanan ambulans gawat darurat ini memiliki kualitas yang baik. Terbukti dengan dikantonginya sertifikat ISO 9001:2008 dan telah berstandar internasional.Tak hanya itu, seluruh petugas medis yang melayani pun telah memiliki sertifikat keahlian dan keterampilan di bidang medis. Dengan demikian, pelayanan yang diberikan diharapkan  akan maksimal.

Warga dapat mengandalkan layanan darurat 112 selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan bisa mengaksesnya melalui semua operator telepon, baik telepon seluler maupun telepon rumah. Panggilan ini bebas biaya dan dapat dilakukan bahkan dalam kondisi ponsel tanpa SIM card, namun masih dalam jangkauan sinyal layanan operator.

Artikel lainnya

Tahun ini, Target Pembangunan Rusunawa Menjadi 20 Ribu Unit Rusun

Untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal warga ibu kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) sebagai alternatif hunian dengan biaya sewa rendah, - ...

Hak cipta © oleh Jakarta Smart City